Kuliner Lifestyle

7 Tips Membuat Bawang Goreng yang Gurih dan Renyah

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Sebagai salah satu bahan yang kerap ditambahkan dalam masakan, bawang goreng tak hanya dapat memperkuat aroma saja, namun juga berfungsi sebagai penyedap rasa masakan. Tekstur yang renyah dan rasanya yang gurih membuat bawang goreng menjadi topping wajib dalam setiap masakan, terutama hidangan berkuah seperti sup, soto, atau bakso.

Meski terlihat mudah, namun ternyata membuat bawang goreng memerlukan trik khusus, lho. Cara mengolah yang kurang tepat akan membuat bawang goreng bertekstur lembek, berminyak, bahkan bercita rasa pahit karena gosong. Lantas, bagaimana cara membuat bawang goreng agar menghasilkan tekstur renyah dan terasa gurih? Berikut ulasannya:

1. Pilih bawang merah yang berukuran besar
Jenis bawang merah yang digunakan untuk membuat bawang goreng sangat menentukan hasil akhirnya. Pilihlah bawang merah yang berukuran besar atau sedang dan masih segar. Selain itu, pastikan bawang merah yang dipilih memiliki kadar air yang cenderung rendah.

2. Iris bawang merah dengan tipis
Usahakan untuk mengiris bawang merah dengan ketebalan yang pas, tidak terlalu tipis, namun juga jangan terlalu tebal. Bawang yang diiris terlalu tebal akan membuat teksturnya menjadi lembek. Untuk mendapatkan hasil irisan yang tipis dan sama rata, kamu juga bisa menggunakan slicer atau alat pengiris bawang yang lebih praktis.

3. Rendam dengan air garam
Sebelum menggorengnya, campurkan satu sendok garam dengan satu liter air dan rendam bawang terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Rendaman air garam tersebut akan membuat bawang terasa lebih gurih dan teksturnya menjadi lebih renyah.

4. Taburkan tepung maizena
Setelah selesai merendam bawang dengan air garam, taburkan sedikit tepung maizena agar bawang goreng terasa lebih renyah. Cukup tambahkan satu sendok tepung maizena untuk satu kilogram bawang merah dan diamkan selama beberapa menit.

5. Keringkan bawang
Letakkan bawang yang akan digoreng di atas wadah secara merata dan diamkan selama satu hingga dua jam. Cara ini dapat membuat kadar air dalam bawang merah berkurang dan menghasilkan tekstur bawang goreng yang renyah.

6. Goreng hingga berwarna keemasan
Gunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng agar bawang dapat terendam dengan sempurna. Selain itu, gunakan api kecil agar tidak membuatnya cepat gosong. Jangan lupa untuk mengaduk bawang yang sedang digoreng untuk membuatnya matang dengan merata. Tiriskan segera setelah bawang goreng berwarna keemasan karena panas yang tertinggal pada minyak dapat membuatnya terlalu matang.

7. Tiriskan bawang
Setelah bawang selesai digoreng, jangan terburu-buru untuk meletakkannya di atas kertas minyak. Kadar minyak yang terserap pada kertas akan membuat bawang merah yang diletakkan di atasnya menjadi basah dan tidak renyah. Sebaliknya, tiriskan terlebih dahulu di atas peniris hingga kandungan minyaknya berkurang.

Nah, itu dia tips membuat bawang goreng yang gurih da renyah. Selamat mencoba! (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

Peringati Hut ke-1 Semeton Jaya Wibawa (Sejiwa) Gelar Donor Darah Dan Penyerahan Sembako

admin

Mengenal Hari Veteran Nasional yang Diperingati Tiap 10 Agustus

admin

Dia Ramah atau Genit? Yuk Cari Tahu Bedanya!

admin