Lifestyle

Sering Merasa Akurat dengan Ramalan Zodiakmu? Mungkin Kamu Kena Efek Barnum

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Pernah membaca suatu ramalan horoskop yang sesuai dengan keinginan Anda? Atau pernah mencoba test kepribadian dengan hasil yang sangat akurat?

Kita tentu sudah tidak asing dengan ramalan zodiak yang selalu menghiasi berbagai kanal media sejak dulu. Bahkan sebelum adanya media online, segmen zodiak di tv dan majalah lebih di gemari oleh khalayak.

Hingga saat ini artikel mengenai zodiak, kepribadian atau golongan darah masih populer di kalangan pembaca. Ternyata dalam psikologi, fenomena ini dikenal sebagai Efek Barnum.

Barnum Effect atau fohrer effect adalah peristiwa psikologi yang terjadi ketika seseorang meyakini deskripsi akurat yang ditujukkan untuk dirinya sendiri, meski deskripsi tersebut sebenarnya sangat umum dan bisa berlaku untuk semua orang.

Terlepas benar atau tidaknya informasi tersebut, efek psikologis ini seolah-olah membuat ramalan atau deskripsi karakter individu melalui zodiak sangat sesuai.

Karena setiap manusia cenderung melakukan validasi subjektif maka otak secara sadar mengaitkan hal-hal umum ini menjadi sesuatu yang personal dan mengabaikan informasi yang dirasa tidak cocok sehingga seseorang menjadi mudah terjerumus tipu daya dan tanpa ragu mempercayai apa yang ingin didengarnya.

Manusia umumnya memang menyukai fakta-fakta pribadi yang dikemas dengan kalimat positif dan merasa berkaitan dengan dirinya. Hal inilah yang membuat pembaca ramalan mengamini ramalan horoskop atau deskripsi tes kepribadian.

Percaya pada ramalan horoskop yang di luar nalar tentu tidak bisa dibuktikan secara saintifik. Lantaran ramalan tersebut dibuat secara massal untuk semua pembaca dan belum tentu benar-benar akurat untuk semua orang.

Meskipun kata-kata positif dalam kalimat ramalan tersebut sebenarnya bagus untuk menanamkan sugesti yang baik bagi diri sendiri atau orang lain, akan lebih baik jika efek barnum dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan sesuatu. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Dukcapil Kota Denpasar Berikan Pelayanan Keliling Jemput Bola

admin

5 Alasan Mengapa Harus Selalu Mensyukuri Hidup, Meski Kadang Tak Sempurna

admin

Dari Upacara Mejaya-Jaya Pengurus PHDI Denpasar 2024-2029 Walikota Jaya Negara Ajak Wujudkan Sewaka Dharma, Gelorakan Vasudhaiva Kutumbakam

admin