Kuliner Lifestyle

5 Tips Dari Koki Untuk Mengolah dan Menghilangkan Bau Prengus yang Ada di Daging Kambing

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Daging kambing memiliki aroma khas yang disebut bau prengus. Sebelum mengolah daging kambing, kamu bisa menghilangkan bau prengus tersebut dengan berbagai cara.

Kamu bisa mulai menghilangkan bau prengus pada daging kambing dengan membuang bagian lemak hingga menambahkan garam ke dalam bumbu marinasi.

“Bau pada kambing biasanya datang dari lemak dan moisture yang ada pada lapisan daging tersebut,” ujar Executive Chef Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa I Made Wisnu Adiyatma. Selengkapnya, berikut lima cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing yang bisa kamu ikuti di rumah.

1. Hilangkan bagian lemak
Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing adalah dengan menghilangkan bagian lemaknya. “Jadi, untuk mengurangi bau prengus pada kambing kita bisa hilangkan sedikit bagian lemaknya atau mengurangi kadar kelembaban pada daging kambing ini,” kata Wisnu.

2. Jangan cuci daging kambing
Tidak mencuci daging kambing juga bisa membantu mengurangi bau prengus pada daging kambing. Setelah menghilangkan bagian lemak pada daging kambing, jangan bersihkan daging kambing dengan air. Cukup bersihkan daging kambing dengan lap bersih atau tisu untuk menghilangkan kotoran di sekitar daging kambing.

3. Potong berlawanan arah serat
Kemudian, potong daging kambing berlawanan dengan arah serat. Pemotongan daging kambing yang salah atau tidak berlawanan dengan arah serat menyebabkan kelembaban daging kambing tersimpan lebih lama di dalam daging. Kelembaban pada daging kambing merupakan penyebab terbesar timbulnya bau prengus pada daging kambing kambing.

4. Tambahkan garam saat marinasi
Selain itu, kadar kelembaban pada daging kambing bisa dikurangi dengan cara menambahkan garam saat marinasi. “Nah, untuk marinasinya sendiri, kita bisa menambahkan bumbu atau rempah beraroma kuat untuk mengurangi aroma dari daging kambing kambing, misalnya bawang putih atau ketumbar bubuk,” tutur Wisnu. Proses marinasi untuk menghilangkan bau pada kambing bisa dilakukan selama 2-3 jam untuk daging kambing segar yang belum di aging.

5. Simpan di lemari es atau freezer
Selanjutnya, daging kambing bisa langsung diolah atau disimpan terlebih dahulu. Daging kambing bisa di taruh di lemari pendingin dengan suhu lima derajat celcius atau lebih rendah. Idealnya, daging kambing akan bertahan selama 3-5 hari jika disimpan di lemari pendingin. Jika ingin daging kambing tahan selama lebih dari satu bulan, simpan daging kambing di freezer dengan suhu beku minus 15 derajat celcius atau lebih rendah. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

5 Minuman Sehat Pengganti Kopi yang Cocok untuk Memulai Hari Lebih Semangat

admin

Tiga PAW DPRD Kota Denpasar Resmi Dilantik, Walikota Jaya Negara: Lanjutkan Sinergitas Dukung Pembangunan Berkelanjutan

admin