Lifestyle Tekno

Instagram Perkenalkan Fitur Baru ‘Security Checkup’, Bantu Amankan Akun yang Pernah Kena Hack

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Pengguna tak perlu khawatir lagi jika akun Instagram kena hack. Baru-baru ini, Instagram memperkenalkan fitur baru ‘Security Checkup’ untuk semua pengguna yang akunnya pernah diretas sebelumnya.

Sesuai namanya, Security Checkup akan membantu pengguna memeriksa keamanan akunnya, terutama yang sebelumnya sempat disusupi tanpa izin. Pengguna yang akunnya pernah dibajak akan menerima permintaan untuk menanyakan apakah ingin memeriksa keamanan atau tidak ketika login ke aplikasi.

Setelah masuk, pengguna akan dipandu melalui langkah-langkah keamanan. Langkah-langkah yang dimaksud seperti mengonfirmasi akun lain yang membagikan informasi login, meninjau aktivitas login, dan memperbarui informasi kontak pemulihan.

“Jika akun kamu pernah disusupi sebelumnya, kami meluncurkan Security Checkup. Fitur baru ini akan memandu kamu melalui langkah-langkah penting untuk menjaga keamanan akun,” tulis Instagram di akun Twitter resmi Instagram Comms.

Fitur Security Checkup ini hadir di tengah maraknya isu beberapa pengguna Instagram mengaku menerima email pengaturan ulang kata sandi (reset password) yang tak dimintanya. Email ini disebutnya sah yang dikirim langsung oleh Instagram.

Ada kemungkinan email tersebut dari bot yang mencoba mengakses banyak akun korban. Yang membuat pengguna jengkel adalah email tersebut dikirim dalam jumlah banyak alias spam.

Media sosial milik Facebook ini menyarankan pengguna untuk mengaktifkan autentikasi dua langkah. Selain menggunakan nomor handphone (HP), pengguna dapat mengaktifkan langkah ini menggunakan aplikasi autentikator, seperti Duo Mobile atau Google Authentication.

Bila autentikasi dua faktor diaktifkan, pengguna akan menerima notifikasi peringatan dari perangkat atau browser yang mencoba login dengan akun pengguna. Dua opsi bakal diberikan untuk menyetujui atau menolak permintaan login tersebut.

Instagram sendiri juga berencana menambahkan dukungan autentikasi dua faktor melalui WhatsApp, selain opsi nomor telepon dan aplikasi autentikator saat ini.

Pengguna juga dapat melihat daftar perangkat yang baru saja login ke akun Instagram Anda kapan saja di “Settings” > “Security” > “Login Activity”. Jika menemukan kejanggalan pada daftar login, baik pada perangkat atau browser tertentu, pengguna bisa pilih logout dari lokasi atau perangkat tersebut dan melaporkan ke Instagram. (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

Tepat dan Akurat, Ketahui Langkah dan Cara Mengukur Tinggi Badan Sendiri Berikut Ini Yuk!

admin

Usai 9 Tahun Pisah, Fitur Messenger Dikabarkan Bakal Balik Lagi ke Aplikasi Facebook

admin

5 Alternatif Memasak Tanpa Minyak Goreng, Lebih Sehat, Hemat dan Tak Kalah Nikmat

admin