Fakta dan Mitos Lifestyle

Hati-Hati Menyebut Seseorang dengan Sebutan Bodoh, Ini 5 Dampaknya Bagi Kesehatan Mental

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Memberikan label atau julukan bodoh, goblok, bego, dungu, dan kalimat negatif lainnya bisa berdampak buruk bagi orang lain.

Melansir Medical News Today, julukan atau label bernada merendahkan kadar intelektualitas orang lain tersebut termasuk bentuk kekerasan verbal. Dampak pemberian ejekan, julukan, atau label negatif bisa meruntuhkan dunia seseorang. Efeknya bisa jauh lebih buruk bagi anak-anak dan remaja. Melansir Verywell Family, berikut dampak diberi julukan bodoh bagi korbannya:

1. Merusak kepercayaan diri
Merendahkan atau menyebut orang lain dengan nada negatif dapat menggerogoti harga diri seseorang. Terlebih jika dilakukan berulang. Misalkan terus-menerus memanggil orang lain bodoh, gendut, jerawatan, dll. Lama-kelamaan pemberian label citra diri pada seseorang ini merusak kepercayaan diri.

2. Krisis identitas
Saat seseorang menyebut orang lain bodoh, secara tidak langsung pelakunya juga mengendalikan cara orang lain melihat sang korban. Hal itu bisa terlihat saat seseorang menyebut orang lain bodoh di depan umum, ruang publik, atau media sosial. Panggilan bodoh tersebut bisa saja dikuti orang sekitarnya. Akhirnya, ketika banyak orang mengamini sebutan bodoh tersebut, korban perlahan jadi mempertanyakan kapasitas dirinya sendiri seperti yang disebutkan orang lain.

3. Minder dan menarik diri dari sekitar
Setelah korban merasa malu akibat diberi label negatif orang lain, korban bisa mengalami perubahan perilaku. Salah satu dampak langsungnya, korban bisa menangis seketika setelah ketika diolok. Setelah itu, bisa jadi korban minder dan dan menarik diri dari lingkingan sekitar, karena merasa tidak puas pada kehidupannya.

4. Gangguan suasana hati
Julukan negatif pada seseorang juga bisa sampai membuat korbannya mengalami gangguan suasana hati. Setelah disebut bodoh, bego, atau goblok, seseorang bisa langsung sedih, murung, cemberut, bahkan marah. Apabila tidak ditanggulangi, gangguan suasana hati ini dapat membuat korbannya mengalami stres, kecemasan, depresi, atau masalah kesehatan mental lainnya.

5. Memengaruhi kesehatan fisik
Saat kesehatan mental seseorang terganggu, kesehatan fisiknya juga bisa ikut terpengaruh. Gangguan kesehatan mental dapat membuat seseorang tidak doyan makan, susah tidur, sakit pencernaan, sakit kepala, atau penyakit akibat stres lainnya.

Memberikan julukan atau sebutan negatif pada seseorang merupakan bentuk intimidasi yang dampaknya tak bisa diremehkan. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

5 Makna Dibalik Topi Koki, Semakin Tinggi dan Banyak Lipatannya Ternyata Semakin Banyak Pengalaman!

admin

SIWA KLAKAH, Salah Satu Ogoh-ogoh Terbaik di Denpasar Selatan

admin

Cara Membuat Recap Reels 2022 di Instagram, Bagikan Momen Menarik Tahun Ini

admin