Health Lifestyle

5 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Keracunan Makanan, Efektif Redakan Gejala

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Ketika mengalami keracunan makanan, ada beberapa obat keracunan makanan yang bisa segera dikonsumsi untuk mengatasi keracunan.

Pertolongan pertama pada keracunan makanan ini bisa diterapkan pada makanan yang basi, kedaluwarsa, atau terkontaminasi bakteri, virus, dan bakteri.
Obat alami keracunan makanan juga dapat meredakan gejala keracunan makanan seperti mual, muntah, diare, lemas, demam, dan nyeri atau kram perut.

Berikut ini beberapa obat keracunan makanan dari bahan alami sebagai pertolongan pertama cara mengatasi keracunan makanan.

1. Air putih
Jika setelah mengonsumsi makanan muncul gejala keracunan seperti mual, muntah, dan diare, segera lakukan pertolongan pertama pada keracunan makanan. Salah satunya adalah dengan memperbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
Obat untuk keracunan makanan ini berfungsi untuk mencegah gejala keracunan bertambah parah. Minum air putih juga berperan penting dalam mengeluarkan racun dan bakteri dari tubuh melalui keringat atau urine.

2. Kelapa muda
Selain air putih, orang yang mengalami keracunan makanan juga disarankan mengonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda mengandung elektrolit yang berkhasiat untuk proses detoksifikasi. Dengan mengonsumsi obat alami keracunan makanan ini, maka racun yang ada di dalam tubuh dapat keluar bersama dengan urine. Rasa air kelapa muda yang manis juga mampu mengurangi rasa lemas dan menambah tenaga.

3. Larutan gula garam
Larutan gula garam atau oralit juga termasuk salah satu obat keracunan makanan yang ampuh. Larutan gula garam mengandung mineral elektrolit yang menjaga jantung tetap berdetak normal. Selain itu, minuman ini juga mampu memelihara fungsi tubuh agar tidak ‘rusak’ ketika keracunan. Cara membuatnya sangat mudah, cukup campurkan 6 sendok teh gula dan 1/2 sendok teh garam ke dalam 1 liter air.

4. Jahe
Cara mengatasi keracunan makanan dapat dilakukan dengan mengonsumsi air jahe. Jahe ampuh menghilangkan rasa mual dan muntah serta memberikan efek menenangkan pada perut. Bukan itu saja, jahe juga mampu memperbaiki penyerapan nutrisi yang terganggu akibat keracunan makanan. Selain dimakan mentah, jahe bisa direbus dalam air panas dan ditambahkan madu secukupnya.

5. Lemon
Keracunan makanan ternyata dapat diatasi dengan mengonsumsi buah lemon. Lemon memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang mampu mengatasi gejala keracunan. Asam pada lemon juga dapat membunuh bakteri staphlyococcus aures penyebab keracunan. Minumlah satu sendok teh jus lemon 2-3 kali sehari atau buat teh yang dicampur dengan perasan lemon.

Itulah obat keracunan makanan dari bahan alami yang terbukti paling ampuh. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

Ingin Kulit Sehat dan Glowing? Ini Rekomendasi Asupan yang Bikin Kulit Lebih Sehat!

admin

10 Cara Melatih Kedisiplinan Anak Tanpa Harus Memukul, Yuk Terapkan!

admin

Akun Kena Suspend Tanpa Alasan akibat Instagram Down? Begini Cara Mengatasinya

admin