Lifestyle

Tidur Larut Malam Tapi Ingin Tetap Bangun Pagi? Lakukan Ini Untuk Mengakalinya

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Setiap orang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Ada yang perlu usaha keras untuk bangun pagi dan ada yang terbiasa bangun pagi. Kebanyakan orang akan bangun lebih siang jika tidur lebih malam.

Sebenarnya, kondisi ini adalah hal yang wajar. Pasalnya, tubuh yang seharusnya sudah beristirahat pada jam tidur biasanya, malah terpaksa untuk tetap terjaga. Akibatnya, tubuh Anda akan lebih lelah dari biasanya dan membuat Anda sulit untuk bangun pagi.

Lalu, mengapa ada yang mudah bangun pagi walau tidur lebih malam?
Walaupun kebanyakan orang akan bangun siang jika tidur lebih larut, ada juga yang tetap bangun pagi. Hal ini ternyata berkaitan erat dengan kebiasaan tidur setiap hari.

Kebiasaan tidur lebih larut dan bangun pagi, bisa membentuk alarm pada tubuh. Alarm ini membuat seseorang tetap konsisten bangun di pagi hari sekalipun tidur lebih malam dari biasanya. Selain kebiasaan tidur, ternyata tubuh Anda memiliki jam biologis tubuh yang disebut ritme sirkadian.

Ritme sirkadian mengatur setiap aspek kehidupan kita dari dalam, terutama mengatur kapan waktunya Anda pergi dan bangun tidur mengikuti pola perubahan kebiasaan, aktivitas fisik, mental, perilaku, bahkan hingga kondisi cahaya lingkungan Anda dalam siklus 24 jam. Jam biologis tubuh ini juga membantu mengatur produksi hormon, suhu tubuh, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

Tidur adalah cara bagi jam sirkadian tubuh untuk mengatur ulang dirinya secara otomatis. Suasana redup dan cuaca dingin di malam hari akan memicu otak untuk melepas hormon pemicu ngantuk yaitu melatonin dan adenosin untuk menandakan bahwa saat ini waktunya Anda tidur. Kedua hormon ini akan terus diproduksi sepanjang malam untuk menjaga Anda tetap terlelap.

Ritme sirkadian bekerja menanggapi perubahan cahaya terang dan gelap. Itulah kenapa begitu menjelang pagi, produksi hormon ngantuk ini akan mulai direm dan perlahan digantikan dengan hormon adrenalin dan kortisol. Adrenalin dan kortisol adalah hormon stres yang membantu Anda agar fokus dan waspada begitu bangun pagi. Hormon pemicu ngantuk adenosin dan melatonin biasanya mulai berhenti diproduksi sekitar pukul 6-8 pagi.

Alasan lain bangun pagi walau tidur lebih malam
Kebiasaan bangun pagi memang berkaitan dengan ritme sirkadian. Akan tetapi, bisa juga dipengaruhi oleh banyak hal lainnya, seperti penuaan.

Kemampuan tubuh untuk tidur lebih lama akan berkurang secara alami seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, meski Anda sudah sengaja tidur larut malam, Anda tetap bisa bangun pagi. Lanjut usia berusia lebih dari 65 tahun terutama rentan sekali mengalami hal ini. Malah mungkin, mereka sudah mengantuk pada jam yang lebih awal tapi tetap saja terbangun saat subuh atau pagi-pagi sekali.

Selain penuaan, kebiasaan bangun pagi walau tidur malam ternyata juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan.

1. Insomnia
Susah untuk memulai tidur, sering terbangun malam hari, atau bangun sangat pagi karena susah untuk kembali tidur merupakan penggambaran kondisi dari insomnia. Nah, sering bangun pagi walaupun tidur larut malam bisa menjadi salah satu gejala klasik dari insomnia.

2. Cemas dan depresi
Gangguan kecemasan dan depresi merupakan gangguan suasana hati yang bisa menyebabkan Anda jadi selalu bangun lebih pagi walau tidur larut malam. Seperti halnya insomnia, penyakit mental ini bisa membuat Anda sulit tidur, malam, ataupun pagi hari. Untuk mengatasi kondisi ini, mungkin Anda memerlukan obat dari psikiater atau menjalani konseling dengan bantuan psikolog.

3. Sleep apnea
Sleep apnea adalah gangguan tidur serius yang menyebabkan berhentinya napas selama tidur akibat tersumbatnya saluran pernapasan. Kondisi ini menyebabkan aliran udara ke paru tersendat sehingga menyebabkan seseorang terbangun tiba-tiba dengan gusar karena merasakan sensasi tercekik.

Sleep apnea dapat menurunkan kualitas tidur karena organ tubuh, terutama otak, tidak mendapatkan cukup oksigen. Akibatnya, Anda tidur tidak nyenyak dan cepat merasa lelah sehingga bangun lebih cepat keesokan harinya.

Cara bangun pagi meski tidur lebih malam
Salah satu cara untuk bangun lebih awal adalah dengan tidur lebih awal. Namun, jika hal tersebut tidak memungkinkan, masih ada cara lain yang bisa Anda coba. Mengutip lama Herzing University, berikut ini merupakan cara mengakali diri untuk bangun pagi meskipun tidur lebih malam dari biasanya.

1. Cobalah meluangkan waktu untuk tidur siang sebelumnya. Tujuannya, agar tubuh Anda tidak terlalu lelah untuk tidur lebih malam dan tetap semnagat bangun lebih awal. Ingat, tidak perlu tidur siang lama-lama. Ikuti aturan tidur siang, yakni sekitar 20 menit atau tidak lebih dari 1 jam. Lakukan tidur siang tidak melewati jam 3 siang.

2. Pasang alarm sebelumnya, untuk membantu Anda bangun. Pilih bunyi alarm bangun tidur yang bermelodi dan tidak mengagetkan karena ini bisa membuat suasana hati Anda buruk setelah bangun tidur. Letakkan alarm Anda pada tempat yang membuat Anda bangun dari tidur untuk menjangkaunya. Tujuannya, untuk mencegah Anda memencet tombol snooze lebih mudah.

3. Jika aktivitas Anda telah selesai pada malam itu, sebaiknya bergegas untuk tidur. Jangan mengecek ponsel Anda atau melakukan aktivitas yang bisa membuat Anda sulit tidur, seperti makan dalam porsi besar.

4. Anda perlu menerapkan sleep hygiene, yakni cara tidur yang biasanya dilakukan untuk orang dengan masalah tidur. Dengan menerapkan cara ini, juga bisa membantu Anda untuk bangun pagi. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Line Jobs Pamit, Akan Tutup Layanan Mulai 30 Agustus 2022

admin

Pakaian di Lemari Bau Apek Padahal Sudah Dicuci? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

admin

Bagaimana Semut Bisa Berjalan di Dinding dan Tidak Terjatuh? Berikut Penjelasannya

admin