Fakta dan Mitos Lifestyle

Menurut Ahli, Ini Waktu Ideal Minum Kopi Untuk Dongkrak Produktivitas

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Bagi para penggemarnya, kopi dapat dikatakan sebagai teman hidup, yang melengkapi perjalanan keseharian, dan bisa dinikmati kapan saja. Namun demikian, para ahli mengungkap, ternyata ada waktu yang ideal untuk meminum kopi sehingga berdampak pada produktivitas.

“Jika kamu adalah seseorang yang memiliki toleransi rata-rata terhadap kafein, maka setelah minum kopi, baik di pagi atau sore hari, kamu akan merasa lebih terjaga dan fokus untuk 1-6 jam ke depan.” Demikian penjelasan Tamar Samuels, pendiri Culina Health yang juga ahli diet terdaftar di New Jersey, Amerika Serikat.”Jadi, kamu bisa menentukan kapan kamu mengonsumsi kafein tergantung pada kapan kamu perlu untuk tetap terjaga dan tidak mengantuk.”

Sementara itu, beberapa penelitian menunjukkan, pagi hari pada umumnya adalah waktu terbaik untuk minum secangkir kopi.

Disebutkan pula, kita seharusnya meneguk secangkir kopi 30 menit sebelum kebutuhan untuk menyelesaikan tugas penting. Misalnya sebelum mengikuti ujian, melakukan presentasi, atau duduk dalam rapat.

“Sebagai aturan praktis, semakin dekat dengan konsumsi, kamu akan semakin terjaga dan fokus,” kata Samuels.

“Tetapi, orang yang lebih sensitif terhadap efek kafein harus membatasi konsumsinya di pagi hari.” Menurut dia. langkah ini perlu dilakukan demi mencegah gangguan tidur, kecemasan, detak jantung lebih cepat, serta gejala lain akibat asupan kafein.

Selain itu, kita perlu menguji reaksi dari meneguk kopi pada waktu yang berbeda sepanjang hari. Langkah ini berguna untuk menentukan mana yang terbaik untuk produktivitas dan alur kerja kita.

Pertimbangkan pula apakah kopi memiliki efek negatif pada diri kita, misalnya jika kita meminumnya setelah setelah makan malam atau sebelum tidur. Para ilmuwan juga mengatakan, secara biologis, kadar hormon kortisol kita mencapai puncaknya antara pukul 8-9 pagi. Lalu, untuk siang sekitar pukul 12.30, dan untuk sore sekitar pukul 17.30 hingga 18.30.

“Menurut saya, pagi atau sore hari mungkin adalah waktu terbaik untuk minum kopi,” kata Lisa Lisiewski, ahli diet dan gizi bersertifikat di New York. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk minum kopi adalah sekitar pukul 9.30-11-30. “Saat itulah tingkat kortisol berada paling rendah dan kita benar-benar mendapat manfaat dari stimulan itu sendiri.”

Minum minuman berkafein, seperti kopi, pada saat kadar kortisol sedang berada di puncak bisa dikatakan tidak memiliki banyak efek yang signifikan. (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

Wawali Arya Wibawa Tinjau Rumah Warga Korban Kebakaran di Jalan Pandu

admin

Ny. Antari Jaya Negara Terima Kunjungan TP PKK Kota Jayapura Bahas Program TP PKK Hingga Budaya

admin

Awas, Terlalu Sering Menyimpan Rahasia Bisa Picu Gangguan Kesehatan Lho!

admin