Fakta dan Mitos Lifestyle

Kadang Terlihat Mengganggu, Bulu Hidung Ternyata Punya Manfaat Penting Bagi Kesehatan

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Bulu hidung merupakan salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan. Selain karena letaknya yang tersembunyi, namun juga jumlahnya yang tak banyak. Meski terkadang kemunculan bulu hidung dapat mengganggu penampilan, namun ia memiliki manfaat yang penting lho bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, simak sederet manfaatnya berikut ini yuk!

1. Melindungi Tubuh
Meski jumlahnya tak banyak, namun nyatanya bulu hidung memang memberikan peran yang penting lho bagi pernafasan. Ia dapat menciptakan perisai antara organ dalam tubuh dengan polusi yang ada dari luar. Ketika bernafas, kita berpotensi menghirup partikel selain oksigen. Kehadiran bulu hidung membuat partikel yang tak diperlukan tubuh ini jadi kotoran hidung.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh
Manfaat lainnya dari bulu hidung ini adalah menjaga kesehatan tubuh jadi tetap seimbang. Dengan menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh, lubang hidung bekerja sama dengan cairan hidung untuk menjebak kuman yang masuk, menyaringnya dan mengusirnya dengan cara bersin. Hal ini membuat kita terhindar dari berbagai penyakit.

3. Membantu Penderita Asma
Bagi penderita asma, memiliki bulu hidung yang lebat menjadi satu hal yang patut disyukuri. Studi menemukan bahwa bulu hidung yang lebat dapat membantu para penderita asma meningkatkan kemampuan untuk menyaring partikel lebih besar. Bulu hidung yang banyak akan berfungsi lebih baik dalam menyaring partikel kotor yang bisa memicu kambuhnya asma.

Nggak Disarankan Dicabut
Mungkin kamu sering kali merasa risih dengan bulu hidung ini. Namun, mencabut bulu hidung sebenarnya bukanlah hal yang disarankan. Kenapa? karena akan memberikan rasa nyeri dan dapat menyebabkan infeksi. Karena itu untuk menghilangkan bulu hidung yang panjang, sebaiknya digunting saja ya, guys.

Rambut Hidung Juga Bisa Beruban
Tak hanya rambut kepala, ternyata bulu hidung juga dapat berubah warna jadi putih lho. Perubahan warna pada bulu hidung akan menjadi hal yang wajar seiring bertambahnya usia. Nah itu dia fakta mengenai bulu hidung, meski tersembunyi dan jumlahnya tak banyak ternyata manfaatnya luar biasa juga ya. (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

5 Jenis Hepatitis dan Berbagai Cara Penularannya Pada Anak, Yuk Ketahui!

admin

5 Varian Resep Camilan Berbahan Singkong dan Keju yang Enak, Cobain Yuk!

admin

Dibalik Rasanya yang Pahit, Ini Dia 7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

admin