Fakta dan Mitos Lifestyle

Suka Ngomong Sendiri? Bukan Tanda Gila, Justru Punya Manfaat Baik Untuk Kesehatan Mentalmu

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Kamu punya kebiasaan suka berbicara pada diri sendiri? Jika demikian, ini kabar baiknya: kamu mungkin berarti orang yang jenius dan punya jaminan sukses.

Orang yang suka berbicara dengan diri sendiri seringkali disebut ‘gila.’ Padahal, kebiasaan tersebut memiliki banyak manfaat. Dalam sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam The Quarterly Journal of Experimental Psychology, peneliti menunjukkan bahwa jika Anda berbicara kepada diri sendiri, itu akan memengaruhi mental Anda. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki kinerja yang lebih baik karena Anda memiliki gambaran di pikiran.

Prosesnya mirip seperti saat seseorang yang kerjanya lebih bagus atau membuat keputusan yang lebih baik saat ia membuat mind maps.

Ada beberapa alasan mengapa kebiasaan berbicara dengan diri sendiri sebenarnya merupakan kebiasaan yang baik. Berikut ini faktanya seperti dilansir dari Goodyfeed:

1. Meningkatkan daya ingat
Pernahkan Anda mencoba menghapal sesuatu dengan mengulanginya dengan keras? Ya, pada dasarnya berbicara kepada diri sendiri memiliki metode yang sama. Saat Anda mengulang-ulang suatu keputusan dengan menagatakannya pada diri sendiri, maka diri And akan lebih siap melakukan keputusan tersebut.

2. Mengklarifikasi pikiran dengan jelas
Memiliki semua hal tertumpuk di pikiran dapat membuat Anda stres. Saat Anda mengatakannya pada diri sendiri, ini akan membuat segalanya menjadi lebih jelas.

3. Membuat Anda lebih dekat dengan tujuan
Berbicara dengan diri sendiri juga membuat Anda lebih dekat dengan tujuan dalam hidup. Ini seperti yang biasa Anda temukan dalam buku motivator: ingatkan diri Anda tentang tujuan Anda dengan jelas setiap hari, tanpa sadar Anda akan mencapainya. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Penelitian Membuktikan, Menangis karena Mantan Bisa Buat Badan Kurus

admin

Umar Patek Kasus Bom Bali Bebas Bersyarat

admin

Instagram Akan Tutup Fitur Live Shopping pada Maret 2023

admin