Health Lifestyle

Bagaimana Olahraga yang Tepat untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh?

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Berbagai studi menunjukkan olahraga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Terdapat sejumlah kriteria olahraga yang baik dilakukan untuk menjaga atau bahkan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Frekuensi, durasi, konsistensi, dan jenis olahraga memainkan peranan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Imunitas tubuh yang kuat akan membantu melindungi tubuh dari serangan virus dan penyakit.

Berikut kriteria olahraga yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

1. Durasi atau lama waktu olahraga
Berolahraga terlalu lama justru tidak baik untuk kekebalan tubuh. Begitu pula sebaliknya, berolahraga terlalu sedikit tidak dapat memacu sistem imun. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan, olahraga optimal hingga 300 menit per minggu atau sekitar 45 menit hingga 60 menit setiap hari.

2. Frekuensi berolahraga
Frekuensi adalah seberapa sering melakukan olahraga setiap minggu. WHO menyarankan untuk berolahraga setiap hari sekitar 30-45 menit dengan intensitas sedang. Dapat pula berolahraga lima kali seminggu dengan durasi 30-60 menit dengan intensitas sedang hingga berat.

3. Intensitas olahraga
Intensitas adalah kekuatan olahraga dalam memacu jantung. Intensitas olahraga yang disarankan adalah sedang ke berat. Semakin jantung berdetak dengan cepat atau semakin terengah-engah, semakin tinggi intensitas olahraga yang dilakukan. Sesuaikan pula intensitas dengan kesanggupan diri.

4. Jenis olahraga
WHO menyarankan untuk melakukan olahraga jenis aerobik atau olahraga yang memacu detak jantung. Banyak penelitian membuktikan olahraga aerobik baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Beberapa contoh olahraga aerobik adalah berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang.

Dikutip dari Health, latihan interval intensitas tinggi atau dikenal dengan HIIT (High-Intensity Interval Training), dalam sebuah penelitian juga disebut meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
Studi lain mendapati latihan kekuatan juga kemungkinan dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

5. Konsistensi
Konsistensi memainkan peran penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Olahraga yang dilakukan secara rutin lebih ampuh meningkatkan sistem imun tubuh ketimbang olahraga yang hanya dilakukan sesekali saja. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Sering Tidur Sambil Dengerin Musik? Ketahui Manfaat dan Kerugiannya Yuk!

admin

TOK! Ferdy Sambo Divonis Mati

admin

Cara dan Lama Waktu Merebus Telur Sesuai Tingkat Kematangan yang Diinginkan

admin