Fakta dan Mitos Lifestyle

Overthinking Bikin Susah Tidur di Malam Hari? Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Overthinking atau pikiran berlebihan umumnya sering muncul di malam hari sebelum tidur. Suasana heningnya malam memicu seseorang untuk memikirkan sesuatu yang bisa membuat stres bahkan insomnia.

Kebiasaan overthinking ini sangat tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental, karena dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Overthinking memaksa otak terus berpikir sehingga sulit untuk memejamkan mata. Agar pikiran kamu tenang dan bisa tidur dengan nyenyak, penting untuk mengetahui cara mengatasi overthinking sebelum tidur. Bagaimana caranya?

1. Menuliskan Pikiran
Cara mengatasi overthinking berlebihan sebelum tidur yang harus kamu coba yaitu dengan menulis. Tuangkan segala keresahan dan kecemasan yang mengganggu pikiranmu ke dalam tulisan. Dengan menulis, beban pikiran kamu menjadi lebih ringan dan perasaan kamu pun lebih lega. Setelah menulis, kamu bisa menilai kekhawatiran mana yang nyata terjadi dan mana yang belum terjadi. Sehingga, kamu dapat merencanakan tindakan untuk mengatasi kekhawatiran yang nyata, dan mengabaikan kekhawatiran lainnya.

2. Mendengarkan Musik
Menurut penelitian National Center for Biotechnology Information, mendengarkan musik yang dapat membantu seseorang terlelap lebih cepat. Pilihlah musik yang menenangkan, misalnya akustik, klasik, instrumental, atau musik dengan suara alam seperti hujan dan air mengalir.

Mendengarkan musik yang menenangkan juga termasuk cara menghilangkan pikiran negatif saat mau tidur. Karena, saat mendengarkan musik yang menenangkan, otak akan lebih rileks dan berhenti berpikir terlalu keras. Selain itu, mendengarkan musik juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur kamu menjadi lebih nyenyak.

3. Membaca Buku
Berdasarkan Medical News Today, membaca buku memberikan ketenangan dan membantu mengurangi kecemasan sebelum tidur. Ketika membaca buku, pikiran kamu akan teralihkan sehingga overthinking dapat diatasi. Namun, jangan baca buku yang menguras emosi. Sebaiknya, pilihlah buku dengan tema ringan yang mudah kamu cerna.

Membaca buku juga dapat membuat mata kamu lelah, sehingga keinginan untuk tidur menjadi lebih cepat. Pastikan kamu membaca buku fisik, bukan buku digital pada perangkat elektronik karena sinar birunya justru bikin enggak bisa tidur.

4. Melatih Pernapasan
Melatih pernapasan bisa menjadi cara menenangkan pikiran agar bisa tidur sekaligus menghilangkan overthinking. Langkahnya yaitu dengan menarik napas dalam-dalam kemudian embuskan perlahan-lahan. Fokuslah saat melatih pernapasan supaya pikiranmu bisa teralihkan. Setelah pikiran tenang, kamu bisa membayangkan suasana alam yang tentram. Misalnya membayangkan air terjun, suara hujan turun ke bumi, aroma tanah sehabis hujan, dan sebagainya.

5. Minum Susu Hangat
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Science Direct, susu mengandung asam amino triptofan (TRP). Triptofan merupakan nutrisi penting yang berperan untuk membentuk melatonin, yakni zat pemicu rasa kantuk. Maka dari itu, susu sangat direkomendasikan untuk diminum sebelum tidur.

Namun, sebaiknya jangan minum susu dengan rasa cokelat yang mengandung kafein, karena bisa membuat kamu terjaga. Minumlah susu 30 menit atau 1 jam sebelum tidur sebagai cara menghilangkan stres sebelum tidur.

Nah, itu dia cara mengatasi overthinking yang kerap muncul saat hendak tidur di malam hari. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Alasan di Balik Pemberian Tonjolan Pada Huruf F dan J di Keyboard, Sudah Tahu?

admin

Tenangkan Diri, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Meredam Rasa Gelisah di Hatimu

admin

5 Resep Jamur Krispi Renyah yang Enak Buat Camilan dan Lauk, Cobain Yuk!

admin