Health Lifestyle

Mulut Terasa ‘Bau Naga’ Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Ketika bangun tidur di pagi hari, mulut umumnya akan ‘bau naga’ atau berbau tak sedap. Ternyata hal ini merupakan hal umum yang dapat terjadi. Sering dikaitkan dengan menyikat gigi sebelum tidur, namun ternyata ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bau mulut di pagi hari.

Misalnya seperti kondisi mulut kamu, konsumsi makanan tertentu di malam hari, kebiasaan merokok, hingga adanya masalah kesehatan tertentu. Umumnya penyebab bau mulut dapat diatasi, karena itu penting untuk mengetahui penyebabnya. Simak berikut ini yuk!

1. Mulut Kering
Meski sudah menyikat gigi bahkan berkumur dengan cairan pembersih mulut sebelum tidur, tapi bau mulut di pagi hari tetap ada. Air liur memang bertugas untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Sedangkan saat tidur, produksi air liur menurun secara signifikan. Untuk mengatasinya, penting untuk menyikat gigi sebelum tidur dan tidak mengonsumsi apapun sebelum tidur, kecuali air putih.

2. Mulut Kurang Bersih
Ketika tidak menyikat gigi secara rutin dan efektif, partikel makanan dapat terjebak di celah-celah gigi, permukaan lidah, dan di sepanjang jaringan gusi. Lalu, bakteri di mulut akan memecah partikel makanan tersebut yang berujung pada pelepasan bau mulut saat bangun tidur.

Jika tidak menjaga kebersihan mulut, hal ini dapat memicu penyakit periodontal. Yang akan memengaruhi gusi dan menginfeksi kantong bawah gigi, dan menyebabkan timbulnya bau mulut.

3. Makanan yang Dikonsumsi
Mengonsumsi makanan tertentu juga dapat menyebabkan bau mulut dipagi hari saat bangun tidur. Makanan beraroma kuat seperti bawang putih atau bombay, jika dikonsumsi di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan bau mulut.

4. Merokok
Merokok tembakau sangat berkaitan dengan bau mulut di pagi hari, sebab merokok dapat menyebabkan mulut kering dan membuat kamu lebih rentan terkena penyakit gusi. Karena itu penting untuk menghentikan kebiasaan ini. Atau kamu juga dapat mengatasinya dengan mengonsumsi permen karet bebas gula untuk mengurangi bau mulut di pagi hari.

5. Asam Lambung
Penderita asam lambung seperti GERD sangat mungkin mengalami bau mulut. Ini karena asam lambung yang ada di kerongkongan mereka saat tidur di malam hari. Untuk menghilangkan bau mulut di pagi hari, penting untuk mengatasi asam lambung terlebih dahulu untuk meminimalkan bau mulut. Kamu juga bisa mengurangi asam lambung di kerongkongan dengan menghindari tidur telentang dan menggunakan alas kepala yang membuat posisi kepala hingga dada lebih tinggi daripada badan. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

5 Keunggulan Iphone 14 yang Wajib Anda Tahu

admin

Dear Pria, Mengusap Kepala Seorang Wanita Ternyata Bisa Meredam Amarah yang Meliputinya Lho!

admin

Tak Perlu Panik, Ini 5 Tips Ampuh yang Bisa Kamu Coba untuk Turunkan Demam Secara Mandiri

admin