Lifestyle

5 Cara Sederhana Hilangkan Kutu Beras Tanpa Perlu Memilahnya Satu Persatu

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar –  Sebal dengan kutu yang sering kali bersarang di tempat penyimpanan beras? Ada cara menghilangkan kutu beras tanpa perlu memilah satu per satu kutu dari butiran beras.

Menghilangkan kutu harus dilakukan karena kutu yang tidak sengaja tertelan bisa menggangu kesehatan pencernaan. Berikut cara mengusir kutu beras menurut The Indian Express tanpa perlu memisahkan satu per satu kutu.

1. Daun salam
Cara menghilangkan kutu beras secara alami adalah dengan menaruh daun salam ke dalam tempat beras. Daun salam memiliki aroma kuat yang tidak disukai kutu beras. Caranya, keringkan daun beras di bawah sinar matahari atau di dalam oven. Kemudian, taruh daun beras ke dalam kotak penyimpanan beras.

2. Cengkeh
Menaruh cengkeh ke dalam butiran beras juga bisa mengusir kutu. Seperti daun salam, cengkeh juga memiliki aroma yang tidak disukai kutu. Namun, cara menghilangkan kutu yang satu ini agak berisiko karena bisa mengubah rasa beras. Taruh beberapa cengkeh di mangkuk kecil dan letakkan di tengah-tengah butiran beras. Hal ini juga memudahkanmu mengambil cengkeh saat kutu sudah keluar dari beras.

3. Bawang putih
Beberapa siung bawang putih juga bisa mengusir kutu beras secara ampuh. Sama halnya dengan cengkeh, bawang putih juga memiliki aroma yang kuat dikhawatirkan bisa mengubah rasa beras. Simpan bawang putih di kantong kain kecil agar penggunaan bawang putih tetap aman.

4. Jemur beras di tempat yang terkena sinar matahari
Kalau kamu enggan untuk memilih satu per satu kutu di dalam beras, tuang beras yang sudah berkutu di atas kertas. Lalu, ratakan beras. Jemur beras di tempat yang terkena sinar matahari. Pastikan disekitar tempat menjemur beras tidak lembab atau pun basah. Jemur beras kurang lebih selama 15 menit atau hingga kutu keluar dari beras.

5. Simpan beras di dalam lemari es
Simpan beras yang berkutu di dalam lemari es atau freezer untuk mengusir kutu beras. Simpan selama 3 hari lamannya.  Menyimpan beras di dalam lemari es juga bisa menghindari kutu yang bersarang di butiran beras.

Nah itu dia beberapa cara untuk menghilangkan kutu yang ada di beras, Semoga bermanfaat! (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

6 Resep Selai Kacang Homemade yang Enak dan Mudah Dibuat, Cocok untuk Olesan Roti Tawar

admin

Sulap Halaman Belakang Jadi Pojok Literasi, Kecamatan Denpasar Utara Ajak Warganya Gemar Membaca

admin

Cara Membuat Minuman Boba Ala Rumahan Pakai Tepung Tapioka, Manis dan Kenyal!

admin