Health Lifestyle

Tinggi Akan Kadar Antioksidan, Ini 5 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Bengkuang ternyata memiliki profil nutrisi yang mengesankan dengan kandungan berbagai vitamin dan mineral penting. Sebagian besar kalori bengkuang berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari protein dan lemak yang jumlahnya sangat sedikit.

Bengkuang berukuran 130 gram mengandung 49 kalori, 12 gram karbohidrat, 1 gram protein, 0,1 gram lemak, 6,4 gram serat, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, kalium, dan mangan. Berkat kandungan nutrisinya, bengkuang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menangkal radikal bebas.

Dilansir dari healthline, berikut adalah 5 manfaat bengkuang untuk kesehatan :

1. Mencegah kerusakan sel
Manfaat bengkuang yang pertama adalah mencegah kerusakan sel akibat kandungan antioksidannya yang tinggi. Bengkuang berukuran 130 gram mengandung hampir setengah dari kebutuhan harian antioksidan vitamin C. Antioksidan membantu melindungi dari kerusakan sel sekaligus menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker, diabetes, penurunan kognitif, dan penyakit kardiovaskular.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Kandungan dalam bengkuang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung karena sebagian besarnya adalah serat larut. Serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus. Sebuah tinjauan terhadap 23 studi menunjukkan, peningkatan asupan serat secara signifikan dapat menurunkan kolesterol jahat.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Serat makanan dalam bengkuang bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan, salah satunya memperlancar buang air besar (BAB). Selain itu, bengkuang mengandung sejenis serat yang disebut inulin. Studi menunjukkan, inulin dapat meningkatkan frekuensi BAB hingga 31 persen pada orang yang mengalami sembelit. Bengkuang juga mengandung banyak air yang dapat membantu meringankan sembelit. Mengonsumsi makanan tinggi aiar dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan.

4. Mengurangi risiko kanker
Bengkuang mengandung antioksidan berupa vitamin C, vitamin E, selenium, dan beta-karoten yang mampu menetralkan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan kanker. Bengkuang juga merupakan sumber serat makanan yang baik. Serat makanan terkenal dengan efek perlindungannya terhadap kanker usus besar.

5. Menurunkan berat badan
Bengkuang merupakan makanan padat nutrisi yang jumlah kalorinya relatif rendah dan kaya akan serat serta air yang membantu kenyang lebih lama. Selain itu, serat dalam bengkuang dapat menjaga gula darah tetap stabil dengan memperlambat pencernaan. Penting diketahui bahwa resistensi insulin adalah penyumbang utama obesitas karena glukosa menjadi lebih sulit memasuki sel-sel yang mengubahnya menjadi energi. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

7 Tips Buat Kamu Supaya Nggak Mati Gaya Saat Harus Pergi Sendirian, Nggak Usah Malu Lagi Ya!

admin

Si Kecil Terkena Diare? Lakukan Langkah Tepat Berikut untuk Menanganinya

admin

Patung Setinggi 3 Meter Akan Hiasi Jembatan di Kawasan Heritage Gajah Mada Denpasar Bertajuk Sang Kala Trisemaya Dengan Makna Menjaga Alam Semesta

admin