Lifestyle

Rak Pintu Kulkas Ternyata Bukanlah Tempat yang Tepat Untuk Menyimpan Telur Lho, Ini Alasannya

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Ukuran kulkas dan merek kulkas pasti berbeda-beda. Tetapi memiliki susunan rak yang serupa. Laci sayuran di bagian bawah, freezer di atas dan rak telur di pintu kulkas. Meskipun di rak pintu kulkas terdapat rak plastik yang biasa digunakan untuk menyimpan telur, nyatanya, hal tersebut tidaklah tepat.

Menurut Vlatka Lake dari Space Station yang merupakan pakar penyimpanan makanan, menyimpan telur di rak pintu kulkas akan menyebabkan telur cepat membusuk. Alasannya, karena rak di pintu kulkas mengalami perubahan suhu akibat sering terbuka dan tertutup. Adanya perubahan suhu tersebut menyebabkan telur cepat membusuk, dibandingkan disimpan di tempat dengan suhu yang tetap.

Dimana tempat dengan suhu yang tetap untuk menyimpan telur? Anda dapat menyimpan telur di badan kulkas atau rak bagian tengah. Di tempat ini, suhu tetap terjaga dan tidak mengalami perubahan yang drastis. Usahakan menyimpan di bawah suhu 20 derajat celcius, agar kesegaran telur terjaga. Jika ingin membuat telur orak-arik dan lainnya, sebaiknya keluarkan telur selama 30 menit sebelum diolah.

Selain penyimpanan yang tepat, Anda juga harus memperhatikan wadah telur itu sendiri. British Egg Information Service menyarankan untuk meletakkan telur di wadah kotak atau kardus pembungkusnya dan jauh dari makanan dengan bau yang menyengat, terutama daging mentah. Cangkang telur yang memiliki tekstur berpori akan menyebabkan telur menyerap aroma kuat dari sekitarnya dan telur jadi terkontaminasi.

Sekarang Anda sudah mengetahui larangan untuk menyimpan telur di rak pintu kulkas. Lalu, apa saja sih bahayanya?

1. Bakteri di cangkang telur
Pakar kesehatan berpendapat bahwa telur yang telah dicuci bersih, sangat baik untuk disimpan di dalam kulkas. Suhu yang dingin inilah yang dapat mencegah penyebaran bakteri salmonella.

2. Kutikula di cangkang telur
Mencuci telur juga dapat menyebabkan kutikula atau pelindung telur yang sebenarnya menghalangi masuknya bakteri salmonella ini malah menjadi rusak. Bakteri ini menjadi lebih mudah mencemari kandungan di dalam telur. Otoritas kesehatan di Eropa melarang keras untuk mencuci telur dan bahaya menyimpan telur di dalam kulkas.

3. Telur tidak mudah membusuk di suhu ruangan
Jika Anda menyimpan telur di suhu ruangan, tidak akan cepat membusuk dibandingkan dengan menyimpannya di dalam kulkas. Telur akan menjadi asam ketika dikeluarkan dari suhu dingin yang ekstrim. Oleh karenanya, mengonsumsi telur yang disimpan di suhu ruangan jauh lebih baik. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

5 Manfaat Pepaya untuk Wajah dan Cara Membuat Maskernya, Simak Yuk!

admin

Mau Berpacaran dengan Sahabat Sendiri? Coba Jawab 5 Pertanyaan Ini Dulu

admin

Bosan dengan Olahan Ayam Goreng Biasa? Coba 5 Resep Ayam Goreng Madu yang Enak Berikut Ini Yuk!

admin