Lifestyle

Dibuang Sayang, 7 Kulit Buah Ini Ternyata Miliki Kandungan Nutrisi yang Luar Biasa

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Ketika seseorang mengonsumsi buah, secara normal, hanya daging buah saja yang dimakan. Kulit buah biasanya akan dikupas dan dibuang. Pada sejumlah buah, ternyata nutrisi tidak hanya tersimpan pada daging buah. Kulit buah juga memiliki manfaat luar biasa jika dikonsumsi atau digunakan.

Sejumlah buah tertentu, tanpa kamu sadari memiliki kandungan yang luar biasa menyehatkan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah kulit buah yang bisa bermanfaat untuk tubuh.

1. Kulit Jeruk
Ketika dikonsumsi, kulit jeruk bisa bermanfaat menurunkan berat badan. Manfaat lain juga bisa diperoleh dari konsumsi kulit ini yaitu berupa memperbaiki kesehatan mulut, mengobati masalah pernapasan, dan mencegah sembelit. Kulit jeruk juga bisa berfungsi sebagai scrubber dan pemutih alami kulit.

2. Kulit Pisang
Kulit pisang tanpa disadari bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Selain itu, kamu juga bisa menggosok kulit pisang ke tumit yang kering atau pecah-pecah untuk membuatnya halus kembali.

3. Kulit Delima
Kulit delima memiliki manfaat yang tanpa disadari bisa berdampak menyehatkan. Manfaat yang diberi oleh kulit delima adalah melawan jerawat, mencegah ketombe, memberikan perlindungan terhadap jantung, menguatkan tulang, dan mencegah sakit gigi.

4. Kulit Semangka
Kulit semangka yang digunakan adalah pada bagian dalam yang berwarna putih dan menempel pada daging buah. Bagian buah ini kaya dengan nutrisi dan bisa membantu dalam membersihkan kulit.

5. Kulit Mentimun
Kulit merupakan bagian dari mentimun yang kaya antioksidan, nutrisi, serta, serta rendah kalori. Pada kulit ini juga terdapat kandungan vitamin A dan vitamin K di dalamnya yang berguna untuk menguatkan tulang, mencegah penggumpalan darah, dan mempertajam penglihatan.

6. Kulit Apel
Kulit apel merupakan bagian buah apel yang biasa juga dikonsumsi dengan daging buahnya. Kulit apel mengandung flavonoid, zat yang bisa menghancurkan sel kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kulit apel juga kaya dengan asam folat yang bisa mengurangi obesitas dan komplikasi kesehatan.

7. Kulit Lemon
Kulit lemon menyimpan begitu banyak manfaat sehat seperti berguna untuk membersihkan kulit, menurunkan berat badan, mencegah masalah mulut, dan memperbaiki kesehatan tulang. Kulit lemon juga mengandung salvestrol Q40 dan limonene, senyawa yang bisa menghilangkan racun dari dalam tubuh dan mengobati stres.

Deretan buah tersebut memiliki kulit yang sebaiknya tidak dibuang ketika daging buahnya dikonsumsi. Mengingat manfaat yang dimilikinya, sebaiknya kulit buah tersebut juga dimanfaatkan secara maksimal. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Seminar Regional Keperawatan 2019

admin

Berdiri Dengan Satu Kaki, Cara Sederhana Mengetahui Kondisi Tubuh yang Sehat

admin

Pemkot Denpasar Tuntaskan 11 Peningkatan Infrastruktur Jalan di Tahun 2022, Tahun 2023 Kembali Akan Sasar 11 Ruas Jalan

admin