Lifestyle

5 Manfaat Meletakkan Tanaman di Dekat Jendela

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Tahukah kamu tentang Garden Window?Garden window adalah jajaran pot berisi tanaman hias yang diletakkan di dekat jendela. Pot berisi tanaman hias memang bisa diletakkan di mana saja. Bisa di teras rumah, di dekat meja ruang tamu, atau malah di jendela dapur dan kamar tidur.

Begitu pula ruang kecil di depan jendela. Jika diisi dengan tanaman hias bahkan bunga bermekaran, maka penampilan rumah secara keseluruhan bisa lebih cantik karena nampak serius berdandan. Namun siapa sangka, taman di jendela ini, ternyata memiliki manfaat lain selain memanjakan mata. Berikut ini manfaat meletakkan tanaman di jendela, dilansir dari berbagai sumber.

1. Mempercantik jendela.
Tentu saja, manfaat utama meletakkan pot-pot berisi tanaman adalah untuk mempercantik rumah pada umumnya dan mempercantik jendela pada khususnya. Jendela biasanya terbuat dari kayu atau kaca. Ia bisa dibuka tutup, atau digeser ke kanan ke kiri untuk memberi bukaan rumah tempat keluar masuk udara. Dengan adanya deretan pot tanaman hias yang ditata di depan jendela, maka jendela akan nampak lebih menarik berkali-kali lipat.

2. Menyaring udara dan mengurangi debu
Meletakkan tanaman hias di jendela bisa membuat udara yang keluar masuk rumah menjadi jauh lebih bersih. Tanaman yang rimbun di depan jendela bisa membantu menyaring debu yang terbawa angin masuk melalui jendela.

3. Mengurangi stres
Bukan rahasia lagi kalau melihat dan merawat tanaman bisa mengurangi stres. Merawat dan mengamati suburnya tanaman bisa mereduksi stres yang melanda masyarakat urban. Dengan melihat dan mencoba mendengarkan suara alam ketika menyiangi dan menyirami tanaman, maka seseorang bisa melupakan beban hidupnya barang sejenak, sehingga ketegangan syaraf akan berkurang. Jadi meletakkan tanaman di jendela, juga bisa membuat hidup Anda lebih ringan karena akan jauh dari stres.

4. Memperindah dan menyaring udara dapur
Tanaman di jendela dapur bisa menyaring udara pengap di dalam dapur. Tak ada salahnya meletakkan tanaman di jendela dapur. Biasanya, jendela dapur ini dekat dengan bak cuci piring atau meja makan kecil.  Dapur yang kaku dan berisi perkakas masak, akan langsung nampak lebih hidup dan semarak berkat taman kecil yang menyeruak dari lubang jendela. Tanam pula tumbuhan-tumbuhan yang bisa mereduksi bau tak sedap limbah dapur. Jadi taman di jendela dapur, akan memiliki manfaat ganda.

5. Taman herbal yang mudah dijangkau
Anda bisa pula mengisi taman jendela Anda dengan tanaman-tanaman herbal atau bumbu rempah. Dengan begitu, ada manfaat satu lagi yang bisa Anda peroleh. Yaitu hemat berbelanja barang dapur karena Anda memiliki taman herbal dan rempah yang hanya sejauh tangan terulur.

Nah itu dia berbagai manfaat dari meletakkan tanaman di jendela, yuk berburu tanaman terbaik yang sesuai kebutuhan, dan letakkan di bukaan-bukaan rumah yang paling strategis. (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

Manfaat Teh Mawar untuk Kesehatan, Si Harum yang Kaya Antioksidan

admin

WhatsApp Mulai Jadi Super App di India, Bisa Untuk Berbelanja Online!

admin

Bukan Dimarahi, Ini 6 Tips Agar Anak Mau Mendengarkan Orang Tua Saat Bicara

admin