Lifestyle

Nggak Cuma Buahnya, Getah Pepaya Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan, Apa Saja?

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Pepaya merupakan salah satu buah yang mudah tumbuh di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Buah ini juga termasuk salah satu jenis buah yang mempunyai kemampuan adaptasi tinggi. Karena dapat tumbuh di segala macam kondisi tanah. Bahkan buah yang satu ini tidak kenal musim seperti buah lainnya, yang artinya bisa berbuah kapan saja.

Buah berbentuk lonjong dan berwarna kuning kemerahan ini memang dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi sebagian orang, buah papaya dikonsumsi untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh karena teksturnya yang lembut dan mudah dicerna oleh tubuh. Bahkan buah ini juga dikonsumsi sebagian orang untuk mencegah berbagai penyakit, mulai dari jantung hingga kanker.

Bukan hanya buahnya, beberapa bagian dalam buah yang tinggi vitamin ini juga bermanfaat untuk tubuh. Getah papaya masuk salah satu di antaranya. Mungkin bagi banyak orang, getah papaya hanya sekedar cairan pekat berwarna putih yang keluar pada daging buah papaya muda ketika dibelah. Tanpa disangka, ternyata getah ini menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Baik untuk mengatasi kulit tumit kaki yang pecah-pecah hingga mengobati sakit gigi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasan beberapa manfaat getah pepaya untuk kesehatan yang jarang diketahui.

1. Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah
Kulit pada tumit kaki yang pecah-pecah merupakan masalah umum yang sering dihadapi oleh sebagian orang. Terlebih lagi ketika musim kemarau, kulit menjadi lebih mudah kehilangan kelembapannya dan rentan mengalami pecah-pecah. Bahkan pada kasus yang lebih parah, tumit kaki yang pecah-pecah bisa menyebabkan keluarnya darah karena luka yang semakin lebar.

Masalah ini bisa diatasi dengan memanfaatkan getah papaya. Caranya mudah, yaitu siapkan satu buah papaya yang masih muda lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, berikan beberapa goresan pada kulit buah papaya dan tunggu beberapa saat sampai keluar getah berwarna putih pekat. Setelah itu, getah bisa dioleskan langsung pada tumit kaki yang mengalami pecah-pecah. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Jika dilakukan secara rutin, pecah-pecah pada tumit kaki akan semakin pudar dan hilang.

2. Menghilangkan Jerawat
Jerawat juga menjadi masalah umum yang kerap dihadapi oleh banyak orang, khususnya orang yang memiliki jenis kulit berjerawat. Masalah ini memang terlihat sangat mengganggu penampilan. Bahkan tak jarang bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang karena jerawat yang banyak muncul di kulit wajah. Dalam masalah ini, getah papaya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami penghilang jerawat.

Caranya sangat mudah, yaitu bersihkan kulit wajah yang berjerawat dengan menggunakan sabun berbahan lembut hingga bersih. Lalu ambil satu buah papaya muda yang sudah dicuci bersih. Berikan beberapa goresan pada kulit buah papaya hingga keluar getah putih pucat. Setelah itu, oleskan langsung pada bagian jerawat. Tunggu beberapa menit hingga kering, baru dibilas dengan air bersih.

3. Mengobati Luka Bakar
Manfaat getah papaya yang lain juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk luka bakar. Pada dasarnya, ketika terjadi luka akibat percikan api atau benda yang panas, langkah pertama adalah membuat agar bagian tubuh yang terkena luka bakar dingin terlebih dahulu.

Ini bisa dilakukan dengan cara menyiram bagian luka dengan air mengalir sekitar 30 menit. Setelah itu bisa mengoleskan secara perlahan getah papaya pada bagian luka bakar. Getah papaya ini diyakini dapat mencegah luka bakar yang semakin parah.

4. Menghilangkan Bekas Luka Bakar
Selain dapat digunakan sebagai pertolongan pertama untuk luka bakar, getah pepaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar. Ketika luka bakar sudah terlanjur terbentuk dan akhirnya menimbulkan bekas, masalah ini masih bisa diatasi dengan mengoleskan getah pepaya pada bekas luka yang ada.

Caranya masih sama yaitu mengambil buah pepaya muda yang sudah dicuci bersih lalu kulit buah digores hingga keluar getah putih pucat. Kemudian, getah bisa segera dioleskan pada bekas luka bakar. Manfaat getah pepaya ini akan semakin terlihat ketika cara ini dilakukan dengan rutin.

5. Mengobati Kulit Melepuh
Manfaat getah pepaya untuk kesehatan kulit yang lain adalah dapat mengobati kulit melepuh. Jika Anda mendapati kondisi kulit yang melepuh akibat terkena panas, langsung saja bersihkan bagian luka dengan air hingga bersih lalu oleskan getah pepaya muda yang sudah dibersihkan pada bagian kulit yang melepuh.

Jika luka yang diderita cukup besar, Anda bisa memarut buah pepaya muda hingga halus lalu menempelkannya pada bagian luka. Cara ini bisa ditunggu beberapa saat hingga mengering, lalu dibilas dengan air bersih. Namun untuk hasil yang maksimal olesan getah pepaya ini sebaiknya didiamkan semalaman dan dibilas di keesokan harinya.

6. Mengobati Sakit Gigi
Yang terakhir, manfaat getah pepaya juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati sakit gigi. Getah pepaya ini dipercaya dapat meredakan nyeri atau rasa sakit pada gigi berlubang.

Caranya pun mudah, yaitu hanya dengan mengambil getah berwarna putih pucat dari buah pepaya yang sudah dicuci bersih, dengan menggunakan bola kapas.
Kemudian, bola kapas dengan cairan getah pepaya tersebut dapat dioleskan atau diteteskan tepat pada gigi yang sakit. Setelah beberapa saat rasa nyeri pada gigi tersebut akan semakin berkurang hingga menghilang. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

10 Kebiasaan Sederhana Namun Bisa Membuat Rumah Bersih dan Nyaman Tiap Saat, Yuk Dibiasakan!

admin

Sekda Alit Wiradana Hadiri Pelepasan Siswa Kelas VI SD Cipta Dharma Denpasar

admin

Mengapa Nyamuk Suka Berdengung di Telinga? Ini Alasannya!

admin