Lifestyle

10 Bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Mengatasi Komedo di Wajah, Cobain Yuk!

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Komedo ditandai dengan adanya titik hitam atau putih yang biasanya terjadi di wajah, leher, dada atau punggung. Selain itu, komedo juga bisa muncul di hidung dan area wajah lainnya.

Hal yang biasa dilakukan untuk menghilangkan komedo adalah dengan tindakan ekstraksi komedo. Namun, bahan-bahan alami untuk menghilangkan komedo di bawah ini ternyata juga bisa membantu, lho! Yang pastinya lebih hemat dan aman.

Berikut adalah beberapa bahan alami untuk menghilangkan komedo diwajah seperti area hidung yang dapat Anda coba di rumah:

1. Lemon dan Madu
Untuk menghilangkan komedo yang membandel di area wajah, Anda bisa memanfaatkan lemon. Campurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan satu sendok teh gula. Kemudian, oleskan ramuan tersebut secara merata di tempat-tempat yang terdapat komedo.

Setelah itu, pijat dengan gerakan memutar. Lakukan pemijatan selama satu hingga dua menit, kemudian bilas dengan air bersih. Anda bisa menerapkan cara alami menghilangkan komedo ini sekali dalam seminggu.

2. Bubuk Kopi
Bahan alami untuk menghilangkan komedo di hidung atau di leher lainnya adalah bubuk kopi. Ya, untuk mendapatkan wajah yang bebas dari komedo, Anda hanya perlu menyiapkan bubuk kopi dan minyak kelapa.

Campurkan setengah cangkir minyak kelapa dengan setengah cangkir bubuk kopi. Aduk rata dan segera aplikasikan ke wajah Anda. Kemudian, pijat wajah secara perlahan dengan gerakan memutar di sekitar area wajah yang terdapat komedo, biarkan selama lima menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi penggunaan ini secara teratur, setidaknya seminggu sekali.

3. Putih Telur
Cara membersihkan komedo di muka secara alami, Anda bisa menggunakan putih telur. Kandungan protein yang pada putih telur tidak hanya ampuh untuk menghilangkan komedo, tapi dapat membuat wajah tampak lebih putih.

Caranya, letakkan putih telur dalam sebuah mangkuk dan tambahkan beberapa tetes perasan lemon. Aduk hingga keduanya benar-benar menyatu. Kemudian, oleskan campuran ini ke seluruh wajah atau sekitar area yang terdapat komedo. Diamkan selama lima menit atau hingga campuran ini mengering. Setelah mengering, pijat wajah untuk merontokkan olesan. Ulangi perawatan ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Lidah Buaya
Kandungan aloin dan antioksidan dalam lidah buaya baik untuk membantu mengatasi masalah kulit, termasuk membersihkan komedo yang ada di wajah. Anda bisa mengambil gel dari daging lidah buaya, kemudian oleskan ke wajah. Tunggu hingga mengering, kemudian bilas.

5. Es Batu Jeruk Nipis
Perasan jeruk nipis yang telah direbus hingga mendidih dimasukkan ke dalam freezer untuk dijadikan es batu. Kemudian es batu bisa ditekan-tekan pada daerah yang berkomedo. Sebelum melakukan ini, cucilah wajah hingga bersih terlebih dahulu.

6. Oatmeal
Oatmeal juga bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan atau membersihkan komedo. Oatmeal hampir memiliki tekstur seperti scrub, sehingga bisa menjadi alternatif untuk mengangkat sel kulit mati termasuk komedo membandel. Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan yoghurt. Oleskan pada wajah selama 10 menit, kemudian bilas.

7. Teh Hijau
Teh hijau memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di wajah dan juga bisa membersihkan komedo. Seduh teh hijau kemudian diamkan hingga dingin. Anda dapat menyemprotkannya ke wajah atau mengoleskannya dengan kapas secara perlahan.

8. Kulit Jeruk
Selain buahnya yang bermanfaat, kulit jeruk ternyata juga memiliki kandungan yang luar biasa. Bahkan, vitamin C yang tersimpan di dalamnya lebih banyak. Anda bisa memanfaatkan kadar antioksidan yang ada pada kulit jeruk untuk memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Karena itu, menghilangkan komedo dengan bahan alami ini dijamin aman untuk kulit.

9. Pepaya
Tak perlu ditanya lagi apa manfaat pepaya untuk kecantikan. Kandungan vitamin E, A, dan C yang ada di dalamnya bisa meregenerasi kulit, melembapkan serta menutrisi kulit secara alami. Buah ini sering dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran yang ada pada wajah, menghilangkan berbagai sel kulit mati, sampai membersihkan komedo yang membandel. Selain sebagai masker, Anda bisa memanfaatkan pepaya sebagai tabir surya alami.

10. Lidah Buaya
Lidah buaya adalah bahan alami yang sudah lama digunakan untuk kecantikan.  Apalagi, sekarang banyak sekali produk kosmetik yang mempercayakan lidah buaya sebagai salah satu komposisinya.  Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapat dari lidah buaya, seperti membersihkan komedo, mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori dan menyegarkan wajah.

Itulah beberapa bahan alami untuk menghilangkan komedo yang dapat Anda gunakan. Kalau sudah menyerah dengan produk-produk kecantikan yang ada di pasaran, Anda bisa mencoba bahan alami tersebut, selamat mencoba! (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

Nggak Ngapa-Ngapain Tapi Tubuh Mudah Berkeringat? Mungkin Ini Penyebabnya

admin

Peniupan Sangkakala Mengiringi Peringatan 2 Dekade Bom Bali I di Ground Zero

admin

5 Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan, Bisa Bantu Cegah Diabetes

admin