Lifestyle

Meski Terlihat Sederhana, Berikut 6 Manfaat Mengangkat Kaki Sebelum Tidur

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Relaksasi adalah bagian dari cara mengatasi susah tidur di malam hari. Teknik peregangan untuk meredakan ketegangan fisik dan mental ini dapat membuat tubuh rileks serta membuatnya lebih siap beristirahat.

Salah satu teknik relaksasi yang bisa dijajal adalah melakukan gerakan yoga sederhana viparita karani. Pose ini mudah dilakukan karena Anda tinggal mengangkat kedua kaki lurus ke atas dan menyandarkannya ke tembok.

Meskipun sekilas pose yoga restoratif mengangkat kaki sebelum tidur cukup sederhana, namun gerakan ini menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan.

Melansir laman Do You Yoga, berikut manfaat mengangkat kaki sebelum tidur:

1. Relaksasi
Posisi badan berbaring santai, dengan kedua tangan terlentang ke samping, dan kedua kaki bersandar di tembok dapat membantu tubuh merasa nyaman. Dengan kombinasi pernapasan dalam dan terkontrol, jantung bisa berdetak lebih lambat dan memicu rasa rileks. Setelah tubuh dan pikiran rileks, Anda bisa meredakan biang susah tidur di malam hari seperti cemas, stres, dan insomnia.

2. Meningkatkan sirkulasi darah
Posisi mengangkat kedua kaki ke atas, lebih tinggi dari posisi tubuh dapat mencegah penumpukan cairan berlebih di tubuh bagian bawah. Selain itu, gravitasi juga membantu melancarkan peredaran darah dari tubuh bagian bawah sampai ke jantung.

3. Mengatasi kaki bengkak atau kram
Mengangkat kedua kaki ke atas dalam posisi berbaring telah lama dikenal sebagai cara alami mengatasi kaki bengkak atau kram. Anda yang seharian duduk atau terlalu lama berdiri di siang hari bisa mengatasi kaki bengkak atau kram dengan mengangkat kedua kaki sebelum tidur.

4. Meregangkan paha belakang dan punggung bawah
Rutin membuat tubuh membentuk sudut 90 derajat dapat mengurangi tulang belakang lumbar yang melengkung.
Cara sederhana ini dapat meregangkan otot-otot punggung. Semakin dekat pinggul merapat ke dinding, semakin banyak peregangan bagian paha belakang dan punggung bagian bawah.

5. Meredakan ketegangan di punggung
Posisi duduk yang keliru di siang hari atau tiba-tiba mengangkat barang berat tanpa ancang-ancang bisa menyebabkan sakit punggung. Sakit punggung karena otot tegang ini bisa diatasi dengan mengangkat kaki sebelum tidur.

6. Relaksasi otot panggul
Tidur sembari menyandarkan kedua kaki ke tembok dapat membuat otot panggul lebih rileks. Apabila Anda sedang mengalami masalah nyeri panggul, ganjal bagianbawah panggul dengan bantal dalam posisi mengangkat kaki sebelum tidur. Pose seperti ini bisa memberikan efek relaksasi panggul yang lebih kentara.

Cara melakukan pose restoratif mengangkat kaki sebelum tidur cukup mudah. Dikutip dari Healthline, berikut langkah-langkahnya:
* Duduk dengan sisi kanan tubuh menempel ke dinding

* Setelah tubuh bisa benar-benar mepet dengan dinding, lalu berbaring terlentang sambil mengayunkan kaki ke atas dan bersandar ke dinding

* Usahakan pinggul juga menempel ke dinding, jika tidak memungkinkan buat jarak seminimal mungkin

* Posisikan tubuh dalam kondisi benar-benar nyaman tanpa tekanan

* Istirahatkan lengan dalam posisi yang nyaman

Lakukan pose viparita karani atau mengangkat kaki sebelum tidur ini selama 10 menit setiap malam. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

5 Keadaan di Mana Sebaiknya Kamu Lebih Memilih untuk Diam

admin

6 Cara Sederhana Membuat Tubuh Kembali Segar Setelah Dilanda Rasa Lelah Berlebih

admin

Ketua GOW Ayu Kristi Arya Wibawa Ikuti Touring EV dan Talkshow ” Langit Biru nan Ayu”

admin