Lifestyle

Mata Kamu Bintitan? Coba Lakukan 4 Cara Ini Agar Bintitan Cepat Kempes dan Sembuh

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Apakah kamu sedang mengalami mata bintitan? Kalau iya, pasti rasanya sangat tidak nyaman. Bintitan adalah sebuah kondisi saat muncul benjolan seperti bisul yang biasanya terletak di pinggi kelopak mata. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri di sekitar mata yang mengalami bintitan.

Namun kamu tak perlu khawatir, berikut beberapa cara mudah untuk mengatasi mata bintitan yang dapat kamu lakukan di rumah:

1. Bersihkan dengan sabun dan air
Bintitan tidak cukup hanya dibersihkan dengan air saja. Untuk membersihkan bakteri atau kotoran yang menempel pada mata, kamu bisa gunakan tisu atau kain bersih yang dibasahi dengan air dan sabun. Setelah itu, usap mata secara perlahan menggunakan kain basah atau tisu yang sudah dibasahi tersebut. O iya, pilihlah sabun yang tidak pedih di mata. Eits, jangan lupa juga mencuci tangan kita terlebih dahulu sebelum mencoba cara ini, ya.

Kamu bisa lakukan cara ini secara rutin agar dapat mencegah mata bintitan di kelopak mata lain. Cara ini juga dapat membersihkan mata bintitan dari kotoran agar tidak semakin menempel.

2. Bersihkan dengan larutan air dan garam
Kalau kamu takut sabun itu pedih di mata, ada cara lain untuk membersihkan mata bintitan itu. Caranya dengan menggunakan air dan garam. Garam berfungsi sama dengan sabun, untuk membersihkan mata dari debu, kotoran, atau bakteri yang menempel.

3. Pakai kantong teh hangat
Kamu bisa menggunakan kantung teh apapun untuk mengompres, tapi teh hitam diyakini memiliki sifat antibakteri yang lebih tinggi dibanding teh lainnya. Kantung teh yang sudah dicelupkan di air hangat bisa didinginkan terlebih dulu, kurang lebih selama 1 menit. Setelah itu, tempelkan pada kedua mata yang tertutup selama 5-10 menit. Satu mata menggunakan satu kantung teh, ya. Jadi, ada dua kantong yang ditempelkan pada setiap mata.

4. Gunakan kompres hangat
Penting untuk diketahui benjolan yang muncul di kelopak mata saat bintitan itu biasanya berisi nanah. Oleh karena itu, kamu bisa mendorong nanah tersebut menggunakan kain yang sudah dicelupkan pada air hangat agar bisa keluar secara alami. Usapkan kain yang sudah dicelupkan pada air hangat secara perlahan pada mata yang bintitan. Letakkan kain di atas mata selama 5-10 menit. Ulangi cara ini sebanyak 3-4 kali setiap harinya.

Oh iya, kamu tidak perlu kaget apabila muncul nanah dari mata. Ini pertanda baik yang artinya mata bintitan kamu akan segera sembuh. (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

Hidung Tersumbat Bikin Tak Nyaman? Berikut Tips Mengatasinya

admin

Resmi Hadir di Bali, Chery Tampilkan Tiga Model Premium

admin

Usai G20, Presiden Jokowi Blusukan ke Pasar Badung

admin