Fakta dan Mitos Lifestyle

Sering Terbangun Karena Mimpi Terjatuh? 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Ada berbagai gangguan tidur yang bisa membuat kita tidak mendapat tidur yang cukup. Salah satu yang paling sering adalah mimpi terjatuh yang membuat kita tersentak dan terbangun. Siapa yang sering mengalaminya?

Sebenarnya apa penyebab kondisi ini bisa terjadi, ya? Cari tahu penjelasannya, yuk!

Halusinasi Hipnagogik
Dilansir dari The Journal, halusinasi hipnagogik adalah ketika otot tubuh kita berkedut secara tidak sadar dan tidak diinginkan. Biasanya terjadi ketika otot kita sudah rileks untuk tertidur, tapi otak kita masih aktif dan tidak bisa mengimbangi otot kita untuk ikutan terlelap dan rileks.

Alhasil, otak malah mengirimkan sinyal bahaya ke seluruh tubuh, biar kita tidak bisa tertidur dan bisa waspada. Walaupun tidak diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya halusinasi hipnagogik pada manusia, tapi dikutip dari Healthline, 4 hal ini bisa jadi penyebabnya.

1. Terlalu lelah
Ketika terlalu lelah, entah secara pikiran atau tubuh, biasanya otak akan masih tetap berjalan sebagai efek karena belum bisa berhenti dari pekerjaan yang baru saja kita lakukan. Alhasil, otak akan ‘membangunkan’ kita dengan cara halusinasi hipnagogik, nih. Ini juga bisa berarti rasa lelah yang kita rasakan sudah kelewat batas dan bisa meyebabkan jatuh sakit. Jadi sebisa mungkin kita harus rileks dan ambil waktu untuk istirahat yang cukup.

2. Stres
Ketika sedang stres berat atau khawatir dengan sesuatu, otak kita akan terus aktif dan waspada agar bisa cepat menyelesaikan masalah. Masalahnya, otak kita akan tetap terus aktif walaupun tubuh kita sudah rileks dan ingin tertidur. Saat kita sudah akan memasuki alam tidur, otak mengirimkan sinyal untuk bangun, agar kita bisa tetap selalu waspada dan berjaga-jaga, karena kita masih dalam keadaan stres.

3. Olahraga
Ada alasannya kenapa kita tidak boleh olahraga terlalu lama dan terlalu dekat dengan waktu tidur kita. Ini karena otak dan otot kita belum bisa berhenti ‘bergerak’ dari olahraga yang kita lakukan, makanya otak dan otot akan tetap terus aktif, walaupun seharusnya kita sudah tidur, nih. Contoh olahraga yang bisa membuat halusinasi hipnagogik adalah berenang dalam waktu yang lama atau kardio berat dan lama sebelum tidur.

4. Bahan Kimia
Bahan kimia yang dimaksud adalah kafein. Kalau bahan kimia satu ini masuk ke tubuh kita sebelum tidur, biasanya ia  bisa mengganggu kemampuan kita untuk tertidur pulas. Ini karena kafein akan memproduksi sesuatu yang membuat tidur kita terganggu dan langsung terbangun. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Gagal Bersin Bikin Hidung Gatal Tak Karuan? Lakukan 10 Cara Ini Untuk Mengatasinya

admin

5 Olahraga Ringan yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

admin

Mau Buat Ayam Bakar? Simak 6 Tips Mengungkep Ayam agar Bumbunya Meresap!

admin