Lifestyle

Jangan Dibuang Dulu, Cangkang Telur Ternyata Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Saat mengolah telur menjadi makanan, banyak dari kita mungkin akan langsung membuang cangkangnya karena dianggap sudah tidak lagi bermanfaat. Padahal, cangkang telur memiliki segudang manfaat, khususnya untuk tanaman.

Melansir Los Angeles Times, hampir seluruh cangkang telur mengandung kalsium karbonat yang bisa meningkatkan nutrisi pada tanaman. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan cangkang telur untuk tanaman? Simak informasinya berikut ini.

1. Dijadikan kompos
Menurut ahli kebun asal Amerika Serikat, Yvonne Savio saat diwawancarai Los Angeles Times, cangkang telur sangat baik untuk pengomposan. Selain karena mudah dipecahkan, cangkang telur juga bisa menambahkan dosis kalsium yang baik untuk tanaman.

Namun, pastikan kalau cangkang telur sudah kering sebelum dimasukkan ke dalam kompos ya. Tujuannya agar tidak menarik hama atau makhluk lain yang tidak diinginkan. Selain itu, jika Anda memiliki kompos cacing, Anda bisa menambahkan cangkang telur ke dalam kompos tersebut untuk menjaga kadar pH-nya.

2. Dijadikan pupuk
Selain kompos, Anda juga bisa memanfaatkan cangkang telur sebagai pupuk untuk mencegah pembusukan ujung bunga pada tanaman tomat, paprika, hingga terong. Menurut Savio, kalsium ekstra yang ada pada cangkang telur bisa membantu mencegah pembusukan ujung bunga pada tanaman-tanaman tersebut. Selain itu, tanaman juga akan menyerap kalsium dari cangkang telur sehingga tumbuh tanpa masalah. Agar manfaatnya lebih maksimal, taburkan pecahan cangkang telur di sekitar pangkal tanaman setiap dua minggu sekali.

3. Mengusir hama
Pecahan cangkang telur juga bisa digunakan untuk mengusir hama tertentu, seperti siput dan juga cacing. Jika tanaman Anda sering dihinggapi hama tersebut, sebarkanlah pecahan cangkang telur di sekitar pangkal tanaman. Kabarnya, tepian cangkang telur yang keras dan kasar sangat berpengaruh untuk mengusir hewan bertubuh lunak tersebut. Sehingga, siput atau cacing pun enggan untuk mendekati tanaman.

4. Dijadikan pot bibit
Yang terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan cangkang telur sebagai pot bibit. Namun, pastikan kalau cangkang telur sudah kering sebelum digunakan ya. Setelah itu, potong cangkang telur hingga menjadi dua bagian lalu isi dengan sedikit tanah. Jika sudah, masukkan bibit dan siram dengan sedikit air. Nah, jika Anda masih menyimpan karton telur, gunakanlah karton tersebut sebagai wadah untuk menjajarkan pot-pot cangkang telur tersebut hingga siap ditanam.

5. Mencegah hewan berkeliaran di sekitar tanaman
Ada beberapa hewan yang biasanya merusak tanaman; seperti ayam, kucing liar, dan lainnya. Beberapa hewan tersebut, biasanya suka buang air besar di sekitar tanaman dan mengganggu pertumbuhannya. Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tanaman, cobalah taburkan serpihan cangkang telur pada area-area yang sering dikunjungi hewan. Cangkang telur yang kasar akan membuat hewan tersebut menjauhi tanaman dan mencari tempat lain yang dianggap lebih nyaman. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Daun Kelor, Salah Satunya Tingkatkan Produksi ASI

admin

Konservasi Penyu, KKP Kurma Asih Lepas Penyu Tiap Hari

admin

Mengenal OCD, Gangguan Penyakit yang Menimbulkan Kecemasan

admin