Lifestyle

Terlihat Menyeramkan, Ternyata Ini Penyebab Mata Kucing Terlihat Bersinar dalam Gelap

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Kucing adalah hewan peliharaan dengan banyak hal dan tingkah laku yang kerap membuat manusia bertanya, bahkan sering dikaitkan dengan hal mistis. Salah satu hal unik yang ada pada diri seekor kucing adalah matanya yang mampu menyala atau bersinar dalam kondisi gelap.

Mungkin kamu pernah melihat mata kucing peliharaanmu mengeluarkan cahaya atau sinar pada saat kondisi gelap, sehingga banyak mitos yang mengatakan bahwa kucing sedang melihat hantu.

Agar kamu tidak salah paham dan mengait-ngaitkannya dengan hal mistis, berikut ini alasan mengapa mata kucing bisa menyala atau bersinar, dilansir beberapa sumber :

1. Kucing adalah hewan nokturnal
Semua ras kucing sebenarnya adalah hewan nokturnal, bahkan termasuk ras kucing besar seperti, singa, leopard, harimau, dan sejenisnya. Itu artinya kucing akan lebih aktif dan lebih banyak melakukan kegiatan pada malam hari. Maka dari itu, kucing diciptakan untuk memiliki mata yang jauh lebih baik daripada mata manusia, terutama dalam kondisi gelap atau keadaan cahaya yang minim. Dengan fakta ini, kamu jadi tahu bahwa hampir semua hewan nokturnal matanya akan terlihat menyala di dalam gelap.

2. Cahaya dipantulkan oleh mata kucing
Kamu mungkin bertanya, “dari mana asal cahaya yang terlihat di mata kucing yang menyala?” Ternyata mata yang dimiliki oleh kucing dan hewan hewan-hewan nokturnal lainnya memiliki lapisan jaringan yang bernama Tapetum Lucidum. Tapetum lucidum adalah sistem di dalam mata kucing yang memantulkan cahaya dan tidak menyerap cahaya datang dan masuk ke retina.

Fungsi fungsi dari dari tapetum lucidum adalah memberikan kemampuan pada retina mata kucing dan meningkatkan penglihatannya. Letak rapetum lucidum berada pada bagian belakang retina mata kucing, yang berupa membran-membran yang terdiri dari 15 lapisan khusus.

Di dalam membran-membran mata kucing ini, terdapat sel-sel yang berkilauan dan memberikan pengaruh persis seperti cermin, sehingga memantulkan cahaya. Itulah sebabnya mengapa mata kucing akan terlihat bersinar atau menyala, sehingga terkesan menyeramkan saat gelap dan malam hari.

Uniknya lagi, ternyata warna pantulan cahaya yang keluar dari mata kucing ini juga bisa berbeda-beda. Biasanya kucing akan memantulkan cahaya berwarna kuning keemasan atau hijau, namun ada juga mata kucing yang memantulkan cahaya berwarna merah, seperti mata pada kucing siam atau ruby. (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

7 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya, Yuk Simak Cara Mengolahnya!

admin

Whatsapp Dikabarkan Tengah Kembangkan Fitur Baru, Bisa Sembunyikan Status Online

admin

Walikota Jaya Negara Hadiri Karya di Pura Dalem Tanjung Sari Desa Adat Tanjung Bungkak

admin