Bali Lifestyle

PKM UNWAR Lakukan Pendampingan Penyusunan SOP dan Struktur Pada Usaha Akomodasi Pariwisata Di Desa Candikuning Bedugul

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Tidak dapat disangkal lagi bahwa Pandemi Covid-19 membawa perekonomian Bali berada pada titik nadir. Masyarakat Bali yang selama ini mayoritas bergantung pada sektor pariwisata hanya bisa pasrah ketika pintu gerbang internasional menuju ke Bali ditutup. Perekonomian Bali mengalami resesi dan ribuan dari mereka harus kehilangan pekerjaan dan berusaha beralih berprofesi untuk menyambung hidup.

Tidak ada lagi wisatawan mancanegara yang datang, setidaknya hingga Pandemi menunjukkan tren penurunan dan vaksinasi telah diberikan ke seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan rasa aman dalam berwisata. Kini, hanya staycation yang paling relevan dalam memberi ruang untuk bernafas bagi sektor pariwisata di Bali.

Positifnya, ini dapat menjadi kesempatan bagi akomodasi wisata di Bali untuk berbenah. Celah inilah yang menjadi kesempatan bagi Putu Gede Wisnu Permana Kawisana, SE., M.Si bersama rekan sesama akademisi, I Gusti Ayu Athina Wulandari, SE., M.Si mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

“Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Struktur dan SOP” dengan menjadikan “Warung Rekreasi Bedugul Hotel & Restoran” yang berlokasi di Desa Candikuning Kabupaten Tabanan-Bali sebagai mitra.

Wisnu menjelaskan, “PKM ini dilaksanakan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) pada usaha yang bergerak di bidang jasa akomodasi pariwisata tersebut.” Katanya.

Akademisi Muda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa ini mengatakan bahwa kondisi pandemi merupakan momen introspeksi sehingga pelatihan terhadap manajemen terkait SOP dan Tupoksi Organisasi perlu dilakukan untuk dapat mengoptimalkan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung.

Athina menambahkan, ”sebagai akomodasi wisata yang bergerak di bidang jasa, hospitality adalah kunci utama dalam meraih loyalitas pengunjung. Karenanya, melalui PKM ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi SDM untuk meningkatkan performa kinerja yang selama ini diberikan nilai baik jika melihat hasil review dari berbagai aplikasi pemesanan melalui daring. Dalam kegiatan ini ditekankan pula bahwa dengan disusunnya SOP Pelayanan, maka profesionalitas dari SDM akan meningkat di mata para pengunjung seiring dengan terstandardisasinya pelayanan yang diberikan kepada setiap pengunjung tanpa membedakan asal dan status sosialnya.” Tambahnya. (PA/WS/DV)

 

Related posts

Resep Cream Soup yang Lembut dan Lezat, Cocok Dijadikan Santapan Saat Cuaca Dingin!

admin

Resep Roti Boy Toast yang Enak dan Mudah Dibuat, Cukup Pakai Roti Tawar!

admin

Tempura Hingga Gyoza, Cobain 5 Resep Gorengan Khas Jepang yang Enak Berikut Ini Yuk!

admin