Health Lifestyle

6 Cara Menahan BAB Saat Keadaan Darurat, Bukan Dengan Menggenggam Batu Ya!

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – BAB memang sudah jadi kebutuhan setiap orang, namun jika rasa mulas datang di waktu yang nggak tepat, pastilah sangat menganggu. Apalagi jika kamu sedang berada di tengah perjalanan dan nggak ada toilet di sana. Duh, pasti seketika pucat dan diam.

Menahan BAB memang nggak disarankan, tapi jika memang waktu dan tempat nggak memungkinkan untuk dilakukan, ya apa boleh buat. Bukan dengan mengenggam batu atau mengantonginya, itu mah mitos. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan :

1. Mengubah posisi tubuh menjadi salah satu cara menahan BAB yang dapat diterapkan
Cobalah berdiri atau berbaring untuk mengurangi tekanan pada perut. Posisi ini juga bisa membuat pernapasan jadi lebih lancar dan bisa meminimalisir dorongan feses dari dalam rektum lo!

2. Jika keinginan untuk BAB sudah cukup tinggi, cobalah untuk tegakkan otot-otot anusmu
Cara ini terbukti ampuh untuk menahan feses keluar. Kamu mungkin harus mengulang cara ini beberapa kali dalam beberapa detik jika rasa ingin BAB nggak hilang-hilang. Selain itu, lakukan cara ini sambil berbaring, berdiri, atau menyilangkan kaki, ya!

3. Hindari juga makanan pemicu yang membuatmu merasa mulas
Makanan yang perlu kamu hindari seperti makanan pedas dan memiliki serat tinggi. Kamu perlu menghindari makanan ini seenggaknya tiga jam sebelum melakukan perjalanan. Jika ingin melakukan perjalanan, baiknya konsumsi saja cemilan penunda lapar atau beberapa jenis makanan yang tergolong sebagai pemicu sembelit.

4. Selain makan, kamu juga perlu menunda minum terlebih dulu
Air merupakan salah satu cairan yang membantu proses pencernaan. Sebelum memulai perjalanan, baiknya jangan terlalu banyak minum karena dapat memperlancar sistem pencernaan yang membuat keinginan BAB jadi tinggi. Konsumsi air putih sedikit demi sedikit saja, untuk menghindari dehidrasi, ya!

5. Supaya bisa menahan BAB, kamu perlu bersikap dengan tenang
Rasa panik akan membuatmu sulit mengendalikan diri dan keinginan BAB jadi makin meningkat. Baiknya, bersikap tenang dan santailah agar keingin untuk BAB bisa ditahan.

6. Alihkan pikiranmu untuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan
Kamu bisa mengalihkan pikiranmu dengan cara melakukan hal lain seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau sekadar main ponsel. Jika sedang dalam perjalanan yang cukup jauh, kamu bisa memilih untuk tidur saja. Pilihlah aktivitas yang tidak menguras energi, namun cukup untuk mengalihkan perhatianmu.

Terlepas dari tips-tips di atas, jika memang situasinya memungkinkan, sebaiknya jangan menahan BAB, ya. Menahan BAB bisa menyebabkan sembelit dan gangguan lainnya. Ini hanya boleh kamu lakukan saat kepepet saja lo! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Pasangan Suka Lama Balas Chat? Coba Lakukan 7 Trik Ini untuk Menghadapinya

admin

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Ketika Merasa Tertinggal dalam Hidup

admin

Cegah Penularan DBD, Desa Pemecutan Kelod Lakukan Fogging

admin