Kuliner Lifestyle

Mau Coba Masak Pare Tapi Tak Suka Rasa Pahitnya? Coba Lakukan 6 Trik Ini

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Pare dikenal dengan rasanya yang pahit dan tajam. Meski beberapa orang enggan mengonsumsinya karena terasa pahit, pare mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pare bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Melansir sejumlah sumber, ada beberapa cara mengolah pare agar tidak pahit yang bisa kita praktikkan di rumah, antara lain:

1. Kikis permukaan kasarnya
Untuk mengurangi rasa pahit dari pare, langkah pertama adalah mengikis permukaan yang kasar dari atas menggunakan alat pengupas. Buat permukaannya menjadi halus. Kemudian, potong ujung pare dan potong menjadi dua memanjang. Namun, kita tak perlu mengupasnya karena kulit pare bisa dimakan.

2. Menghilangkan biji
Setelah sudah mengikis permukaannya yang kasar dan mengirisnya menjadi dua, buang biji pare yang besar-besar sebelum memasaknya. Hal ini akan membantu menghilangkan rasa pahit hingga batas tertentu. Buang biji dan bagian putih di tengah pare menggunakan sendok kecil.

3. Mengiris jadi potongan kecil
Iris pare secara diagonal menjadi irisan selebar sekitar 0.5 cm. Semakin tipis irisan akan semakin baik.

4. Rebus setengah matang
Setelah mengirisnya menjadi potongan kecil, tempatkan ke dalam air mendidih dan rebus setengah matang hingga empuk. Durasi merebus berkisar 2-3 menit. Kemudian, tiriskan pare. Memasak setengah matang pare dapat membantu mengurangi rasa pahitnya yang kuat. Jika melewatkan langkah ini, kita mungkin perlu menumisnya lebih lama hingga pare melunak.

5. Gunakan garam
Garam bisa membantu menghilangkan rasa pahit dari pare karena cenderung membuat cairan pahit dari dalam pare keluar. Hal yang perlu dilakukan adalah menaburkan garam ke potongan pare, kemudian menaruhnya di dalam mangkuk atau piring. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dimasak. Setelah mengoleskan garam, jangan lupa untuk memeras sarinya dari pare. Cuci dengan air mengalir dan peras lagi untuk hasil yang lebih baik. Cara lainnya bisa dengan merebus pare di dalam air selama 2-3 menit. Kemudian, tambahkan sedikit garam ke dalam air tersebut.

6. Memasak pare
Salah satu cara mengolah pare adalah dengan cara ditumis bersama bahan-bahan makanan lain. Cara menghilangkan rasa pahit pare lainnya adalah dengan menambahkan rasa manis atau netral ke dalam masakan, seperti gula, kentang, dan keju. Menambahkan bahan makanan lain juga bisa membuat rasa yang ada dalam masakan lebih variatif dan tentunya menyamarkan rasa pahit dari pare itu sendiri. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Positif Covid-19 Bertambah 436 Orang, Masyarakat Belum Vaksinasi Dominasi Penambahan Kasus Positif

admin

Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram secara Gratis Maupun Berbayar, Yuk Simak Syaratnya!

admin

Tiba-Tiba Merasa Sedih Tanpa Alasan Yang Jelas? Mungkin Kamu Sedang Merindukan Seseorang

admin