Fakta dan Mitos Health Lifestyle

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Air Rebusan Daun Pandan

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Daun pandan merupakan tumbuhan tropis. Jadi, sangat mudah untuk mencarinya di Indonesia. Setiap kali membuat kue atau kolak, tentu sering menambahkan daun pandan untuk memberikan aroma wangi. Tidak hanya itu saja, dalam beberapa penelitian, dr. Arina Heidyana mengatakan ada banyak manfaat daun pandan untuk kesehatan, apa saja? Berikut ulasannya

1. Meredakan Demam
Orang yang demam biasanya akan suka mengonsumsi minuman hangat. Kalau bosan dengan teh atau air jahe, Anda bisa coba air rebusan pandan. Metode pengobatan tradisional tersebut dipercaya bisa membantu membuat kondisi tubuh jadi lebih baik.

2. Mengurangi Rasa Nyeri
Bila Anda ingin mengurangi rasa nyeri di kepala atau persendian, minum air rebusan pandan dipercaya mampu mengatasi rasa sakitnya. Namun, jangan lupa cari tahu penyebab timbulnya rasa nyeri itu, ya. Pasalnya, meredakan rasa nyeri bukan berarti menyembuhkan penyakit tersebut (sewaktu-waktu bisa kambuh lagi).

3. Menormalkan Tekanan Darah
Anda mengalami sakit kepala akibat tekanan darah tinggi? Rebus saja daun pandan hingga airnya jadi agak sedikit. Selain minum obat yang dianjurkan dokter, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun pandan untuk membantu memelihara kondisi tekanan darah.

4. Mengatasi Kram Perut
Daripada Anda percaya bahwa kram perut, terutama saat haid, dapat diatasi dengan minum minuman bersoda, lebih baik buat teh daun pandan. Air rebusan pandan yang diminum hangat dapat membuat kondisi perut lebih baik

5. Mendetoksifikasi Tubuh
Kalau bicara soal detoks, tentu tak akan jauh-jauh dari makanan atau minuman mengandung antioksidan. Bila bosan dengan air lemon atau teh hijau, Anda bisa coba air rebusan daun pandan. Pasalnya, minum air rebusan pandan bisa melindungi organ-organ tubuh, terutama hati dari unsur-unsur perusak (radikal bebas).

6. Membantu Mengatasi Insomnia
Minum minuman hangat di malam hari bisa membuat tubuh lebih relaks dan jadi mudah terlelap. Air rebusan daun pandan bisa jadi opsi buat Anda yang tak terlalu suka minum susu hangat karena mungkin terlalu mengenyangkan. Hirup aromanya, lalu seruput teh pandan secara perlahan. Pasti Anda jadi jauh lebih tenang dan gejala insomnia dapat diringankan.

7. Meningkatkan Nafsu Makan
Buat Anda yang ingin mengembalikan nafsu makan karena habis sakit dan ingin berat badan jadi lebih ideal, bisa minum air rebusan pandan. Secukupnya saja, tidak perlu terlalu banyak karena justru bisa membuat kembung.

8. Meredakan Sakit Rematik
Beberapa orang ada yang mengoleskan krim tertentu saat rematik kambuh. Bila Anda ingin coba yang alami, beberapa lembar daun pandan yang dimasukkan ke dalam rebusan minyak kelapa juga bisa dioleskan di bagian yang sakit. Jangan lupa didinginkan terlebih dulu, ya!

9. Menurunkan Risiko Kanker
Dalam pengobatan tradisional, daun pandan memang dipakai untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, karena kanker merupakan penyakit multifaktorial (banyak faktor penyebabnya), Anda harus mengimbanginya dengan pengobatan dokter dan penerapan pola hidup sehat.

Kandungan Daun Pandan dan Anjuran Konsumsi Air Rebusannya
Daun pandan mengandung protein, kalsium, fosfor, zat besi, tiamin, vitamin C, dan tinggi beta karoten. Beta karoten merupakan bentuk vitamin A yang belum aktif. Sesampainya di dalam tubuh, tubuh akan mengubahnya menjadi vitamin A yang berguna sebagai antioksidan untuk mengoptimalkan fungsi organ-organ tubuh.

Meski ada banyak manfaat air rebusan pandan yang disebutkan di atas, tetapi dr. Arina mengatakan belum ada anjuran pasti terkait dosis konsumsi air rebusan pandan. “Karena, masih butuh penelitian lebih lanjut terkait hal itu. Boleh saja dikonsumsi sebagai selingan, tetapi jangan jadikan air rebusan daun pandan sebagai obat utama. Dosis dan efek sampingnya masih belum diketahui secara pasti,” jelas dr. Arina. Bila Anda tidak mengidap penyakit parah, minum air rebusan pandan bisa membantu mencegah berbagai penyakit dan memelihara kesehatan secara menyeluruh. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

WhatsApp “Pending” padahal Sinyal Bagus? Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

admin

5 Cara Merawat Pakaian Warna Hitam Biar Nggak Cepat Pudar

admin

Apresiasi Penanaman Pohon, Sekda Dewa Indra: Perhutanan Sosial untuk Menjaga Kelestarian Hutan dan Sejahterakan Masyarakat

admin