Bali Klungkung

Mapepada Tawur Kesanga, Sucikan Segala Jenis Wewalungan

DenpasarViral.com - Istimewa

DenpasarViral.com, Klungkung – Mengawali Upacara Tawur Kesanga menyambut Hari Suci Nyepi Caka 1943 di Kabupaten Klungkung dilaksanakan Upacara Mapepada, Jumat (12/3). Selaku Penyanggra (Pelaksana) Tawur tahun ini Desa Adat Dawan, Kecamatan Dawan.

Hadir dalam upacara tersebut, Ketua TP. PKK Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta, Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra, OPD Pemkab Klungkung dan masyarakat Klungkung. Upacara yang digelar ditengah pandemi Covid-19, dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Upacara Mapepada digelar di Catus Pata Klungkung dipuput Ida Pedanda Istri Anom dari Geriya Jumpung Anyar, Dawan Klod. Prawartaka Karya, Dewa Ketut Soma mengatakan Upacara Mapepada bertujuan untuk menyucikan segala jenis wewalungan dan sarana upacara lainnya yang akan digunakan dalam Upacara Tawur Kesanga pada Tilem Sasih Kesanga, Sabtu (13/3).
Wewalungan itu meliputi Kerbau, Sapi, Kambing, Angsa, Ayam dan berbagai jenis sarana pelengkap lainnya. Seluruh wewalungan tersebut disucikan, didoakan dan dituntun murwa daksina, berputar tiga kali putaran searah jarum jam mengelilingi Kanda Pat Sari, Catus Pata Klungkung. (PA/DV)

Related posts

5 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Keracunan Makanan, Efektif Redakan Gejala

admin

Jelang KTT Ke-43 ASEAN, Presiden Jokowi Berharap Persiapan Sudah 100 Persen pada September 2023

admin

Lakukan 9 Tips Ini Untuk Atasi Jet Lag Saat Menempuh Perjalanan Jauh

admin