Health

Sakit Leher Karena Salah Posisi Tidur? Coba Lakukan 4 Cara Ini Untuk Mengatasinya

DenpasarViral.com, Denpasar – Sakit leher akibat salah posisi tidur bisa mengganggu aktivitas sepanjang hari. Selain menimbulkan rasa nyeri saat menoleh atau bergerak, sakit leher juga bisa membuat suasana hati jadi buruk.

Melansir Healthline, kebanyakan penyebab sakit leher memang berasal dari salah posisi tidur atau penggunaan bantal yang tidak tepat. Tapi tak hanya itu, bangun tidur sakit leher juga bisa disebabkan postur tubuh yang buruk sepanjang hari, cedera, dan gerakan tiba-tiba yang bikin otot kaget.

Agar rasa nyaman tidak terus-terusan mengganggu aktivitas sehari-hari, coba empat cara mengatasi sakit leher akibat salah tidur berikut:

1. Kompres dingin atau terapi panas
Cara menghilangkan sakit leher dengan kompres dingin bisa dengan menempelkan es batu yang dibungkus handuk ke bagian leher yang sakit. Rasa sakit dan ketegangan di leher bisa berkurang setelah dipapari suhu dingin selama 10-20 menit.

Selain suhu dingin, terapi panas dengan mandi air hangat atau menggunakan bantal pemanas juga bisa membantu mengurangi sakit leher. Terapi panas dapat mengatasi sakit leher akibat salah tidur dengan mengendurkan otot-otot leher yang tegang.

2. Minum obat pereda rasa sakit
Apabila sakit leher terasa tak tertahankan sampai membatasi gerakan tubuh, saatnya minum obat pereda rasa sakit. Beberapa opsi obat penghilang rasa sakit antara lain ibuprofen, naproxen, atau acetaminophen.

3. Lakukan peregangan atau pijat dengan lembut
Apabila rasa sakit leher sudah sedikit berkurang, lakukan peregangan ringan dengan fokus sekitar otot leher. Tujuannya untuk meningkatkan kelenturan otot tanpa memicu rasa sakit berlebihan. Selain itu, orang yang merasakan sakit leher akibat salah posisi tidur juga bisa memijat lembut area yang tidak nyaman. Sebelum memijat seputar area leher, pastikan bagian tubuh yang akan dipijat sudah tidak terasa sakit dan pijatan tidak menambah rasa sakit.

4. Istirahatkan leher
Jika sakit leher akibat salah posisi tidur atau salah bantal terasa sangat sakit atau panas, ada baiknya penderita mengistirahatkan leher untuk sementara waktu. Hindari segala bentuk gerakan yang bisa meningkatkan rasa nyeri leher dan untuk sementara jangan mengerjakan aktivitas berat.

Tetap lakukan gerakan ringan seperti jalan kaki atau bergerak yang tidak membebani otot leher. Terlalu banyak tiduran bisa membuat otot leher semakin kaku dan rasa sakit justru tak kunjung sembuh.

Apabila berbagai cara mengatasi sakit leher akibat bangun tidur di atas sudah dicoba tapi nyeri tak kunjung sembuh, konsultasikan ke dokter. Terkadang perawatan ala rumahan di atas baru mempan dalam hitungan hari atau baru sembuh setelah seminggu. (DH/PA/DV)

 

Artikel asli

Related posts

Walikota Jaya Negara Buka Lomba Ogoh-Ogoh Mini ST. Yowana Dharma Santi Banjar Cemara Agung.

admin

Melihat ke Arah Sinar Matahari Bisa Bikin Bersin, Apa Penyebabnya?

admin

8 Sayuran Penambah Darah, Cocok Buatmu yang Anemia!

admin