Fakta dan Mitos Lifestyle

Sering Alami Hubungan Percintaan yang Singkat? Ini Penyebabnya Kata Psikolog

DenpasarViral.com - Ilustrasi

DenpasarViral.com, Denpasar – Punya pengalaman pacaran yang singkat mungkin dimiliki beberapa orang. Biasanya, hubungan cinta hanya berlangsung dalam hitungan bulan atau bahkan minggu. Hubungan gagal seperti ini memang kerap bikin bertanya-tanya. Kondisi percintaan singkat memang cukup sering ditemukan. Namun, kalau terus terjadi, kira-kira apa yang salah, ya? Coba cek penjelasan psikolog berikut ini

Dengan alasan kurang cocok, beberapa orang terkadang cepat mengakhiri hubungan atau bahkan diputuskan oleh pasangan.

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, mengatakan orang yang mengalami putus cinta harus mencari tahu apa penyebabnya.  Menurutnya, salah satu faktor yang membuat orang mengalami percintaan singkat adalah sulitnya berkomitmen dengan satu orang.

Selain itu, bisa juga ia punya kesulitan membina hubungan karena ada ketakutan dalam menjalin hubungan serius.  Orang yang belum bisa berkomitmen tapi memaksakan memiliki suatu hubungan umumnya akan mengalami percintaan singkat.  Entah nantinya karena ia jadi hilang rasa, atau justru masih tidak serius dalam hubungan dan tidak memperdulikan pasangan.

Ada dampak-dampak yang mungkin bisa terjadi bila Anda kerap memutuskan hubungan terlalu cepat, misalnya:

1. Sulit Dipercaya Orang Lain
Karena terlalu sering gonta-ganti pasangan dan punya track record hubungan yang singkat, lawan jenis jadi punya masalah kepercayaan terhadap Anda.  Ia jadi sulit memercayai omongan Anda atau kasih sayang yang mungkin sebenarnya tulus diberikan kepadanya.

2. Dimanfaatkan Orang Lain 
Karena dianggap tidak punya komitmen dalam hubungan, beberapa oknum mungkin akan memanfaatkan kesempatan ini untuk mempermainkan perasaan Anda.  Bisa jadi Anda terjebak dalam status FWB (friends with benefits). Keadaan ini terjadi ketika lawan jenis hanya menganggap Anda sebagai teman “main” tanpa memberikan status yang jelas ke depannya.

3. Single dalam Waktu Lama 
Karena lawan jenis terlanjur tidak percaya dengan sikap Anda, bukan tidak mungkin Anda jadi jomblo dalam kurun waktu lama.

Apa yang Bisa Dilakukan agar Hubungan Langgeng?

1. Tentukan Tujuan
“Tentukan dulu apa tujuan membina hubungan dengan orang tersebut, supaya tahu ini arah hubungannya mau seperti apa,” ujar Ikhsan. “Kalau memang sudah memiliki tujuan jelas misalnya menikah, fokuslah pada pasangan yang sekarang bersama Anda. Jangan lagi memikirkan diri sendiri, tapi cobalah membagi perhatian kepadanya. Dengan ini, tujuan yang dituju akan semakin jelas,” terangnya.

2. Buat Komitmen dengan Pasangan 
Setelah menentukan tujuan dalam berhubungan, lanjut ke tahap selanjutnya yaitu membuat komitmen. Ikhsan mengatakan, komitmen dimulai dari membangun rasa percaya satu sama lain.  Karena, hubungan yang dibangun tanpa rasa percaya akan kandas di tengah jalan.  Jika dari awal sudah tidak ada kepercayaan dengan pasangan, maka hubungannya jadi tidak kuat.

3. Jangan Samakan Hubungan yang Sekarang dengan Masa Lalu 
“Bila punya pengalaman trauma di masa lalu yang berkaitan dengan komitmen dalam hubungan, ada baiknya dicari tahu dulu akar permasalahannya atau konseling untuk dibantu diselesaikan masalahnya. Jika terus disamakan, maka tidak akan ada hubungan yang bertahan lama,” jelas Ikhsan.

Apabila Anda termasuk orang yang gemar punya hubungan singkat, ayo berubah Kalau memang belum siap berkomitmen, jangan iyakan ajakan untuk berhubungan.  Kebiasaan tersebut dapat berdampak baik pada diri sendiri maupun pasangan. Nantinya, ia bisa merasakan sakit hati mendalam akibat ketidakjelasan hubungan yang Anda bangun. Ingat, punya banyak mantan bukanlah sesuatu yang patut dibanggakan, lho. Coba tetapkan tujuan dalam hubungan. (DH/PA/DV)

 

Artikel asli

Related posts

Instagram Tengah Uji Coba Ubah Semua Unggahan Video Jadi Reels

admin

Melihat ke Arah Sinar Matahari Bisa Bikin Bersin, Apa Penyebabnya?

admin

Status Darurat Bencana Kebakaran TPA Suwung Berakhir, Walikota Jaya Negara Sampaikan Terimakasih Pada Tim Yang Telah Bertugas Dengan Optimal

admin