Health Life Style

Sakit Perut Setelah Makan Pedas? Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

DenpasarViral.com - ilustrasi

DenpasarViral.com, Denpasar – Rasa sakit pada perut setelah makan pedas dipicu oleh senyawa kimia yang disebut capsaicin. Molekul senyawa ini berikatan dengan reseptor saraf yang menghantarkan sinyal nyeri menuju otak.

Untuk mencegah iritasi akibat capsaicin, dinding lambung memproduksi lendir khusus. Jika terlalu banyak atau terlalu sering makan pedas, paparan capsaicin akan membuat lendir khusus itu tak terlalu ampuh melindungi sehingga menimbulkan rasa sakit pada perut Anda.

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi perut sakit setelah makan pedas antara lain:

1. Minum air rebusan jahe
Jahe telah lama dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah perut. Senyawa antiradang pada jahe diyakini dapat meringankan keluhan sakit perut, perut kembung, diare, mual dan muntah, hingga irritable bowel syndrome (IBS).

Bahan pangan ini dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Anda bisa mencampurnya dengan teh, mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, atau mengolahnya dengan cara yang paling sederhana, yakni direbus.

2. Minum teh chamomile
Teh chamomile juga memiliki senyawa yang dapat meredakan peradangan, merangsang pengeluaran gas, dan merilekskan otot saluran pencernaan.
Oleh karena itu, teh chamomile dipercaya sebagai salah satu cara yang dapat membantu mengatasi sakit perut setelah makan pedas.

Terkadang, sakit perut bisa bertambah parah karena makanan pedas menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Teh chamomile dapat membantu mencegah hal ini dengan menurunkan produksi asam lambung.

3. Menggunakan kompres hangat
Kompres hangat memang tidak mengatasi sakit perut secara langsung. Namun, sensasi hangat yang Anda rasakan akan mengalihkan Anda dari rasa sakit dan melemaskan otot-otot saluran pencernaan.

Anda dapat menggunakan kain lap yang dibasahi air hangat, botol berisikan air hangat, atau heating pad. Tempelkan pada perut saat sakit mulai terasa, tapi jangan menggunakannya terlalu lama agar kulit iritasi.

4. Mengonsumsi makanan dan minuman pelarut capsaicin
Untuk mengurangi efek capsaicin pada tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat melarutkannya. Capsaicin larut dalam lemak. Jadi, Anda dapat melarutkannya dengan susu full-fat, yogurt, selai kacang, atau sedikit minyak zaitun. Roti dan nasi tidak bisa melarutkan capsaicin, tapi keduanya mampu menyerap senyawa ini dengan baik.

5. Minum campuran lemon dan madu
Jika makan pedas membuat Anda sakit perut, cobalah untuk meminum campuran lemon dan madu. Campuran ini juga dapat meredakan pedas pada mulut. Madu mengandung butiran gula alami yang menyerap capsaicin, sementara lemon yang bersifat asam dapat menetralisasi capsaicin dengan cara mengikat molekulnya. Namun, berhati-hatilah jika Anda memiliki penyakit lambung.

Beberapa cara di atas dapat membantu Anda mengatasi perut sakit setelah makan pedas. Akan tetapi, makan pedas secara berlebihan tetap tidak disarankan karena dapat menimbulkan dampak jangka panjang pada lambung. (DH/PA/DV)

 

Artikel asli

Related posts

Nggak Perlu Sedih Kalau Sahabatmu Sedikit, Kenali 4 Jenis Teman Ini

admin

Beberapa Tips agar Orang Tua Tidak Mudah Emosi saat Dampingi Anak Belajar Daring

admin

Makan dengan Tangan Lebih Sehat dibanding Pakai Sendok, Benarkah?

admin