Health Lifestyle

Benarkah Cabai Rawit Ampuh Sembuhkan Sariawan?

DenpasarViral.com - ilustrasi

DenpasarViral.com, Denpasar – Di kalangan masyarakat memang berkembang kebiasaan untuk menempelkan cabai rawit ke luka sariawan untuk mengobati sariawan.

Namun, Rahmi Amtha selaku Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia menyatakan bahwa menempelkan cabai rawit untuk mengobati sariawan hanyalah mitos.

Cabai rawit memang mengandung kapsaisin yang berguna sebagai antioksidan. Selain itu, cabai juga mengandung vitamin C. Kedua kandungan ini memang bisa menyembuhkan sariawan dengan memperbaiki jaringan bawah mulut, tetapi belum ada bukti ilmiah yang menguatkan kebiasaan menempelkan cabai untuk mengobati sariawan.

Rahmi berkata bahwa kapsaisin justru bisa memperparah sariawan karena sensasi pedas yang ditimbulkan. Efek pedas tersebut akan mengiritasi rongga mulut dan membuat jaringan di bawah mulut terbakar sehingga timbul peradangan. Oleh karena itu, masyarakat yang sedang sariawan sebaiknya menghindari makanan pedas, kata Rahmi.

Artikel asli

Related posts

Masyarakat Banjar Tengah Peguyangan Antusias Ikuti Bank Sampah, Berhasil Tukarkan 346,829 Kg Sampah Organik dan An Organik, Jajaki Inovasi Penukaran Sampah Jadi Beras

admin

Strategi Jualan Online di Facebook, Ini Fitur yang Perlu Digunakan

admin

Suka Mengunggah Foto Boarding Pass ke Media Sosial? Hati-Hati Ini Bahayanya!

admin