Health Lifestyle

Binahong, Tanaman Obat yang Punya Banyak Khasiat Untuk Sembuhkan Berbagai Macam Penyakit

DenpasarViral.com - Ilustrasi

DenpasarViral.com, Denpasar – Tanaman binahong dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan atau obatan herbal. Daunnya sudah biasa dipakai untuk berbagai macam obat tradisional di masyarakat sejak zaman dulu bahkan hingga sekarang meskipun sudah ada obat-obat yang lebih modern.

Apa sajakah manfaat daun binahong untuk kesehatan?

1. Mengobati Luka Bakar
Luka bakar harus mendapatkan penanganan yang cepat. Dari penelitian yang dirilis pada tahun 2017 lalu, terbukti bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat.

Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang tidak menggunakan daun binahong.

2. Mengobati Maag
Jika Anda memiliki penyakit maag akut yang kerap kambuh saat jadwal makan berantakan, maka daun binahong bisa menjadi solusinya. Kandungan yang ada di dalam daun binahong akan membuat perut Anda menjadi tenang. Selain mengobati maag, teratur minum jus binahong atau air rebusan binahong, juga bisa mengobati penyakit disentri pada sistem pencernaan.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung
Ternyata mengonsumsi daun binahong bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan saponin dalam daun binahong dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Caranya cukup dengan menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Tambahkan gula atau madu sehingga rasanya jadi lebih manis. Resep ini dapat dikonsumsi dua kali sehari.

4. Mencegah Kanker
Daun binahong tinggi akan antioksidan pigmen karotenoid esensial, seperti betakaroten, zeaxanthin, dan lutein. Kandungan antioksidan dalam daun binahong terbukti efektif mencegah kanker. Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus daun binahong dan meminum airnya 3 kali sehari.

5. Memulihkan Stamina
Air rebusan daun binahong dapat mengembalikan stamina tubuh yang kelelahan. Anda cukup merebus 1 daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan mengonsumsinya secara berkala.

6. Mencegah Diabetes
Kadar gula tinggi dalam tubuh dapat memicu diabetes. Jika Anda ingin mengendalikannya, selain mengatur pola makan, manfaat daun binahong juga bisa jadi pilihan.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang memiliki sifat hipoglikemik. Bahkan daun binahong dikenal memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah secara optimal dan menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes mellitus. Caranya dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

7. Mengobati Asam Urat
Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh. Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Jadi, apabila Anda merasa telah makan hidangan seperti jeroan, daging merah, hingga kacang-kacangan dengan porsi berlebihan, ada baiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

8. Mengatasi Anemia
Anemia bisa terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal. Perlu asupan zat besi untuk mengimbanginya. Nah, daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan sel darah merah agar seseorang tidak lagi merasakan anemia.

9. Menangkal Radikal Bebas
Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi. Hasil penelitian oleh W. Selama, menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun Binahong memiliki total flavonoid 11.266 mg (segar) dan 7.687 mg (kering). Dihitung per kilogram daun binahong dari yang masih segar dan yang sudah dikeringkan. Ekstrak etanol Binahong memiliki antioksidan total 4,25 mmol / 100 g (segar) dan 3,68 mmol / 100 g (kering).

10. Mengatasi Masalah Otak
Permasalahan otak dapat menyerang anak-anak hingga dewasa. Penyebabnya pun beragam, mulai dari bakteri, virus, asupan makanan, hingga benturan yang terlalu keras. Cara mengatasi permasalahan otak, daun binahong dapat menjadi salah satu solusinya.

Meski begitu, tidak semua jenis penyakit otak bisa diatasi dengan daun binahong. Masalah otak yang disebabkan oleh benturan keras, menjadi salah satu masalah otak yang bisa diatasi dengan daun binahong. Caranya dengan merebus daun binahong dan mengonsumsinya secara rutin.

11.Meningkatkan Nafsu Makan
Manfaat daun binahong yang satu ini mungkin baik untuk anak-anak yang susah makan, atau mengalami masalah nafsu makan. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin, hal ini akan memberikan efek yang baik untuk anak yang susah makan.

12. Mencegah Penuaan Dini
Daun binahong memiliki kandungan antioksidan, seperti lutein, Vitamin A, C, betakaroten, dan zeaxanthin yang memberi perlindungan pada organ dan kulit Anda dari radikal bebas. Vitamin A dan C yang cukup tinggi akan membantu kulit Anda menjadi lebih elastis, meremajakan kulit secara alami, dan tentunya mencegah penuaan dini.

13. Memberikan Efek Penyembuhan Setelah Operasi
Daun binahong memiliki manfaat bagi pasien yang baru saja melakukan operasi. Dalam masa penyembuhan tersebut pasien bisa minum air rebusan daun binahong setiap hari sebagai solusi penyembuhan alami dan efektif. Hal tersebut karena daun binahong mengandung mineral dan protein yang baik.

14. Memelihara Kesehatan Mata
Merawat mata biasanya dilakukan dengan mengonsumsi vitamin seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas. Namun tahukah Anda bahwa daun binahong memiliki kandungan vitamin A, bahkan batangnya juga merupakan sumber vitamin A yang baik dalam menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menghindarkan Anda dari penyakit mata, seperti rabun jauh. (DH/PA/DV)

 

Artikel asli

Related posts

Jam Biologis Tubuh, Yuk Pahami Dengan Baik Agar Tubuh Tetap Sehat!

admin

Hati-hati, Kurang Tidur Bisa Bikin Kamu Jadi Cepat Tua, Ini Alasannya

admin

Benarkah Pasang Foto Pacar di Media Sosial Bisa Tingkatkan Kualitas Hubungan?

admin