Health Lifestyle

Nggak Melulu Minum Kopi, Ini 5 Tips Atasi Mengantuk di Siang Hari

DenpasarViral.com - Ilustrasi

DenpasarViral.com, Denpasar – Banyak orang kerap mengandalkan kopi untuk mengusir kantuk. Namun, sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan agar tidak mengantuk lagi, terutama saat masih bekerja di siang hari.

Walau bermanfaat untuk tubuh, Anda tentu tahu jika konsumsi kafein berlebihan juga tidak baik. Nah, jika sudah minum kopi di pagi hari, sebaiknya jangan melakukannya lagi saat tiba-tiba mengantuk di siang hari.

Berikut lima tips untuk menghilangkan kantuk di siang hari, dikutip dari WebMD.

1. Tarik napas dan buatlah tubuh lebih fokus
Menarik napas dalam bisa meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Cara ini bisa memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah sehingga membuat tubuh berenergi dan kembali fokus.

Caranya, tarik napas perut bukan dada, duduk tegak di kursi kerja, tarik napas selama 10 kali:
* Letakkan satu tangan tepat di perut di bawah tulang rusuk, dan tangan lainnya di atas dada.
* Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut mengempis, biarkan dada tetap diam.
* Hembuskan napas melalui bibir mulut yang mengerucut seolah lagi bersiul.
* Tangan di perut bisa membantu mendorong udara keluar.

2. Bangun dan bergerak
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Profesor Robert Thayer, PhD, dari California State University, Long Beach, berjalan kaki lebih dari 10 menit terbukti lebih ampuh meningkatkan energi selama dua jam, dibanding mengonsumsi permen untuk mengusir kantuk yang hanya bertahan selama satu jam.

Ini karena berjalan kaki bisa memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak, dan otot. Jadi kalau Anda bekerja duduk di meja, sering-seringlah berjalan-jalan sebentar. Saat jam makan siang, Anda bisa berjalan ke restoran atau pergi ke lokasi bagus untuk memakan bekal. Cara ini akan membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari kantuk.

3. Beristirahat sejenak
Istirahat sejenak juga bisa berguna. Maka Barry Krakow, MS penulis Sound Sleep, Sound Mind: Seven Keys to Sleeping Through the Night menyarankan tidur selama 5-25 menit untuk menghilangkan kantuk.

Tidur siang saat bekerja tentu sangat berisiko. Jadi, pastikan memasang jam weker agar tak mempengaruhi jam bekerja. “Kalau tak bisa tidur siang, beristirahatlah selama 10 menit dengan mata tertutup dan keadaan yang tenang bakal sangat membantu,” ujar Allison T. Siebern, PhD, Peneliti Stanford University Sleep Medicine Center di Redwood City, California.

4. Istirahatkan mata
Mengantuk di siang hari ketika bekerja kemungkinan besar dipicu mata yang lelah karena terus menatap layar komputer. Oleh karenanya, coba alihkan pandangan mata sejenak dari komputer selama beberapa menit dan buatlah diri Anda merasa lebih rileks.

5. Makan camilan sehat
Ketika gula dalam darah drop, itu bisa menjadi penyebab lesu dan tidak bisa fokus. Camilan manis akan memberikan diri Anda energi tambahan agar lebih bersemangat. Anda bisa mengonsumsi camilan sehat seperti selai kacang, yogurt dicampur segenggam kacang dan buah, atau wortel kecil dengan saus krim keju rendah lemak. (DH/PA/DV)

 

Artikel asli

Related posts

6 Trik Jitu Bikin Pasangan yang Cuek Jadi Sering Kangen Denganmu, Yuk Coba Terapkan!

admin

Tak Hanya Untuk Pijat, Ini 8 Kegunaan Minyak Tawon yang Legendaris Sejak Dulu

admin

5 Cara Memberi Dukungan Emosional Pada Pasangan, Bikin Hubungan Makin Langgeng!

admin