Health Lifestyle

Daun Sirih Ampuh Digunakan untuk Mengobati Mimisan, Benarkah?

DenpasarViral.com - Ilustrasi

DenpasarViral.com, Denpasar – Mimisan dapat terjadi akibat berbagai hal, seperti cedera pada hidung, alergi, atau kadar trombosit sedang menurun. Kondisi ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain. Banyak orang mengatakan bahwa daun sirih dapat mengobati mimisan dengan baik. Tapi apakah benar daun sirih ampuh obati mimisan? Bagaimana bisa daun sirih mengobati mimisan?

Ternyata hal tersebut benar adanya. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa daun sirih memiliki kemampuan untuk membantu tubuh  mempercepat penyembuhan luka.

Bagaimana cara kerja daun sirih sebagai obat mimisan?

Mimisan yang terjadi akibat cedera merupakan salah satu bentuk perdarahan karena adanya luka. Daun sirih dapat memengaruhi respons tubuh dalam menyembuhkan suatu luka.

Pada dasarnya ketika ada luka hingga perdarahan pada suatu bagian tubuh, maka tubuh akan melakukan respon untuk menghentikan perdarahan tersebut dengan segera. Meski begitu, kecepatan respons tubuh itu berbeda-beda pada tiap-tiap individu. Respons tubuh tersebut yakni dengan membuat darah di sekitar luka mengental dan mengendap, sehingga pada akhirnya, luka tertutup kemudian perdarahan pun berhenti.

Pada proses inilah daun sirih bermanfaat sebab ia memiliki kandungan tannin dan berbagai zat lain yang dapat mempercepat respons tubuh tersebut. Akibatnya, perdarahan pada hidung akan berhenti dalam waktu yang lebih cepat.

Tak hanya itu, dalam sebuah penelitian yang dilaporkan oleh Phyto Journal, disebutkan bahwa daun sirih juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini, semakin kuat kekebalan tubuh Anda maka akan semakin cepat luka ataupun peradangan yang terjadi di dalam tubuh untuk sembuh.

Manfaat daun sirih lainnya terhadap luka pada tubuh

Tak hanya memengaruhi pengendapan serta pengentalan darah yang membuat luka cepat kering, daun sirih juga terbukti memiliki sifat antibakteri, anti-peradangan, serta dapat mengurangi rasa sakit (analgesik). Jadi ia dapat melindungi luka Anda dari infeksi bakteri atau zat asing lainnya yang mungkin menyerang. Selain itu, sifat anti-peradangannya juga akan membuat luka Anda lebih cepat membaik.

Bahkan beberapa penelitian telah membuktikan berbagai kandungan alami dari ekstrak daun sirih juga bersifat sebagai antidiabetik, mampu melindungi hati, mencegah risiko hipertensi, serta mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya radikal bebas yang dapat menyebabkan tubuh mengalami bermacam-macam penyakit kronis.

Bagaimana cara menggunakan daun sirih untuk mengobati mimisan?

Tidak sulit untuk menggunakan daun sirih dalam mengobati mimisan. Anda hanya perlu ambil satu atau dua helai daun sirih, pastikan sudah dibersihkan terlebih dulu sebelumnya. Kemudian, daun sirih yang bersih tersebut digulung dan masukkan ke dalam hidung yang berdarah. Tekan dengan perlahan, jangan sampai Anda menekannya terlalu keras karena akan memperburuk kondisi hidung Anda. Tunggu beberapa saat dan darah pun akan berkurang secara perlahan. (DH/PA/DV)

 

Artikel asli

Related posts

6 Cara Menghadapi Orang yang Suka Playing Victim, Tak Perlu Emosi!

admin

5 Sikap yang Bisa Bikin Kamu Sulit Bahagia, Yuk Ubah dari Sekarang!

admin

Padahal Cuma Rebahan, Tapi Kok Badan Malah Jadi Pegal-pegal?

admin