Fakta dan Mitos Lifestyle

Nggak Perlu Sedih Kalau Sahabatmu Sedikit, Kenali 4 Jenis Teman Ini

DenpasarViral.com - Ilustrasi

DenpasarViral.com, Denpasar – Menurut Psychology Today, orang dewasa itu memang nggak butuh banyak-banyak teman dekat. Karena, ada banyak jenis teman yang wara-wiri di hidup seseorang. Khusus sahabat baik atau teman dekat, ternyata kamu hanya butuh tiga. Namun sebelumnya, kenali 4 jenis teman berikut ini :

1. Jenis teman yang sebatas “kenalan”, yaitu orang-orang yang kamu tahu sebatas nama dan kerja di mana misalnya

Jenis teman yang pertama ini adalah orang yang mungkin kamu follow di media sosial, dan akan kamu sapa serta ngobrol sebentar bila ketemu di jalan. Kamu tahu siapa dia, anak kampus mana, atau kerja di mana. Tapi hanya sebatas itu pengetahuanmu tentangnya, dan baik kamu atau dia nggak ada intensi untuk mengetahu lebih jauh satu sama lain. Intinya, kenal sekadar kenal saja.

2. Ada juga jenis “teman kasual”, yang pertemanannya ditentukan oleh aktivitas keseharian. Teman kantor, misalnya

Teman kasual adalah teman yang ditentukan dengan keterikatan aktivitas ataupun keseharian yang sama. Misalnya, teman-teman kantormu atau teman kampusmu. Bisa juga teman satu organisasi atau komunitas. Dengan teman kantor, kamu cukup akrab. Kalian selalu makan siang bareng, berbagi gosip tentang atasan bareng, dan lain-lain. Tapi di luar itu, kalian nggak pernah hangout sama-sama. Pertemanan kalian dibatasi oleh gedung kantor dan pekerjaan saja.

3. Selangkah lebih dekat, ada teman dekat nih. Definisinya jauh lebih dalam ketimbang list “close friend” di Instagram

Inilah yang disebut dengan teman baik atau sahabat. Teman dekat di sini tentu definisinya nggak sesempit list ‘close friend’ di Instagram. Teman dekat adalah orang tahu banyak tentang hidupmu, dan kamu tahu banyak tentang hidupnya. Dia adalah orang yang akan kamu cari saat kamu hilang arah dan butuh tempat untuk menangis dan sambat. Bersama mereka, kamu bisa melakukan banyak hal berjam-jam tanpa rasa bosan. Mereka juga orang yang akan kamu ajak jalan saat akhir pekan, dan bikin kamu kangen kalau lama nggak ketemuan.

4. Terakhir, ada “intimate friends”. Definisi “teman” di sini sangatlah luas, sekaligus terbatas. Lah, gimana tuh?

Di titik paling paripurna dalam pertemanan, ada yang namanya intimate friend, yaitu teman dekat yang kedekatannya sudah beyond. Intimate friend adalah orang yang paling dekat denganmu, yang tahu soal rahasia-rahasia terbesar yang mungkin nggak pernah kamu share ke teman dekatmu juga. Intimate friends ini adalah soul sisters, bukan lagi sekadar best friend. Intimate friends ini bisa jadi pasanganmu, saudara, sahabat, mentor, atau apa pun yang koneksinya dan tingkat saling memahaminya sudah “nggak ngerti lagi”.

Dari penjelasan di atas, kamu bisa merujuk ke jenis teman dekat dan intimate friends sebagai sahabat terbaik. Dan penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa hanya butuh 3-5 teman dekat untuk bisa bahagia. Bahkan jika kamu punya satu saja orang yang menganggapmu teman dekatnya, level kebahagiaanmu relatif meningkat.

Jadi, jangan sedih kalau temanmu sedikit, karena kamu memang nggak butuh banyak. Mungkin yang temannya beda-beda itu bukan teman dekat, melainkan kenalan atau teman kasual. Kan lebih baik sedikit tapi bisa saling mengandalkan, daripada banyak tapi seringnya datang kalau ada keperluan. (PA/DV)

 

Artikel asli

Related posts

6 Kreasi Resep Camilan Serba Apel yang Unik dan Enak, Wajib Coba!

admin

Resep Kue Kering Tongkat Natal dengan Bahan Sederhana, Cocok untuk Suguhan Natal

admin

Monitoring Perpanjangan PPKM di Klungkung, Bupati Suwirta Lakukan Pemantauan

admin