Health Lifestyle

Mengenal Trypanophobia, Fobia yang Membuat Seseorang Takut Jarum Suntik Secara Berlebihan

DenpasarViral.com - Ilustrasi

DenpasarViral.com, Denpasar – Banyak orang bergelut dengan masalah takut jarum suntik atau takut disuntik secara berlebihan. Kondisi ini tak hanya dialami anak-anak. Namun, orang dewasa juga banyak yang memiliki masalah sejenis.

Studi metanalitik pada 2018 yang diterbitkan di Journal of Advanced Nursing menemukan, satu dari jutaan orang takut jarum suntik. Dalam dunia kesehatan, kondisi ini bisa jadi salah satu gejala trypanophobia atau fobia jarum suntik.

Trypanophobia atau fobia jarum suntik adalah ketakutan ekstrem terhadap prosedur medis yang melibatkan suntikan atau jarum suntik. Seperti pada fobia lainnya, rasa takut pada fobia jarum suntik lebih intens ketimbang rasa takut biasa.

Penyebab orang takut jarum suntik berlebihan

Melansir Healthline, para pakar hingga kini belum mengetahui dengan pasti alasan kenapa seseorang takut jarum suntik.

Tapi, ada beberapa kondisi yang menyebabkan orang bisa sampai fobia jarum suntik, antara lain:
* Punya pengalaman buruk atau traumatis terkait jarum suntik serta situasi yang berkaitan dengan jarum suntik
* Memiliki kerabat atau orangtua yang menderita fobia
* Ada perubahan kimia di otak
* Punya fobia jarum suntik di masa kecil
* Kerap mendapatkan informasi negatif tentang jarum suntik atau disuntik, misalkan ditakut-takuti jarum suntik sewaktu kecil

Kenali gejala fobia jarum suntik

Orang yang takut jarum suntik sampai level fobia bisa mengalami beragam gejala saat harus disuntik. Gejalanya bisa muncul saat disuntik, beberapa jam, hingga beberapa hari sebelumnya. Antara lain:

* Pusing
* Pingsan
* Gelisah
* Susah tidur
* Cemas
* Muncul serangan panik
* Tekanan darah naik
* Detak jantung cepat
* Merasa disakiti secara fisik dan emosional
* Berupaya menghindari perawatan medis yang melibatkan jarum suntik

Takut jarum suntik berlebihan bisa menghambat perawatan medis. Lakukan pemeriksaan kesehatan mental jika muncul gejala fobia jarum suntik di atas.

Cara mengatasi takut jarum suntik berlebihan

Terdapat beberapa cara mengatasi takut jarum suntik berlebihan, terutama jika seseorang sudah didiagnosis dengan trypanophobia. Antara lain:

* Terapi perilaku kognitif
Terapi ini dilakukan dengan mengeksplorasi ketakutan jarum suntik penderita lalu dicari teknik paling pas untuk mengatasinya. Lewat beberapa sesi terapi, terapis akan membantu penderita mengendalikan rasa takut untuk menguasai pikiran dan perasaan.

* Terapi pemaparan
Terapi ini mirip dengan terapi perilaku kognitif dengan fokus mengubah respons fisik dan mental dalam menghadapi fobia. Terapis akan melakukannya secara bertahap. Dimulai dengan menunjukkan foto jarum suntik, mengarahkan penderita berdiri di dekat jarum suntik, memegang jarum suntik, sampai membayangkan disuntik.

* Terapi obat
Terapi obat diberikan kepada penderita yang fobia jarum suntik sampai stres hebat dan tidak bisa mengerjakan psikoterapi. Dokter biasanya memberikan obat antikecemasan dan obat penenang untuk mengurangi gejala fobia.

Kebanyakan penderita trypanophobia sembuh atau gejala takut jarum berlebihan berkurang setelah rutin menjalankan beberapa cara mengatasi takut jarum suntik berlebihan di atas. (PA/DV)

 

Artikel asli

Related posts

Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya Berikut Ini!

admin

Meski Tak Mudah, Ini 7 Cara Keluar dari Hubungan Toxic yang Bisa Kamu Coba!

admin

Walikota Jaya Negara Lepas Fun and Road Bike REI Bali, Rangkaian Musda XI, Berhadiah 1 Unit Rumah Siap Huni.

admin