Health

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Daun Beluntas Bagi Kesehatan

DenpasarViral.com - Ilustrasi

DenpasarViral.com, Denpasar – Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Tingginya bisa mencapai 102 meter. Daunnya bertangkai pendek, letaknya berseling, pinggirnya bergerigi dan warnanya hijau terang.

Sebagai tanaman yang mempunyai banyak cabang dan mempunyai daun yang rimbun, kebanyakan orang dipedesaan memanfaatkan tanaman beluntas untuk dijadikan pagar hidup.

Kandungan daun beluntas memiliki senyawa kimia antara lain: alkaloid, pluchine, asam amino, asam kafeoilkuinat, saponin, polifenol, tannin, sterol, natrium, minya asitri, lemak, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A, Vitamin C, dan senyawa flafonoida (terdapat dapa bagian daun dan akar).

Pemanfaatan daun beluntas ini banyak digunakan sebagai obat herbal yang cukup ampuh. Berikut ini beberapa manfaat daun beluntas untuk pengobatan:

  1. Mengurangi pegal linu
    Daun beluntas ternyata dapat digunakan untuk mengurangi pegal linu pada tubuh. Pegal linu yang sering terjadi, pastinya akan sangat menyiksa diri. Apabila mengalami masalah pegal linu ini, maka sebaiknya meminum rebusan daun beluntas sebanyak 3 kali dalam 1 hari.
  2. Menghilangkan bau badan
    Manfaat beluntas sebagai diaforentik bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Hal ini karena beluntas mengandung antibakteri dan antioksidan yang melurukan racun penyebab bau badan. Penggunaanya cukup dengan merebus segenggam daun beluntas dengan dua gelas air hingga air berubah menjadi kekuningan. Kamu bisa meminumnya setelah air menjadi dingin pada pagi dan sore hari.
  3. Dapat mengatasi keputihan
    Beluntas juga memiliki manfaat untuk mengatasi keputihan. Bagi wanita, masalah keputihan tentu saja menjadi suatu masalah yang serius. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan daun beluntas. Caranya cukup ambil 20 helai daun ini direbus dengan segelas air dan akar tapak liman. Kemudian minum ramuan ini dua kali sehari.
  4. Mengatasi nyeri haid
    Tak hanya untuk mengatasi keputihan, tanaman beluntas juga diketahui mampu mengatasi nyeri haid. Datang bulan pada wanita memang terkadang membuat nyeri yang sangat menyiksa. Kamu dapat mengatasinya menggunakan daun beluntas, caranya ambil 20 helai daun beluntas kemudian rebus dengan segelas air. Tambahkan sedikit asam atau garam.
  5. Mencegah pengeroposan tulang dan gigi berlubang
    Kandungan kalsium dan fosfor pada beluntas sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Mengonsumsi air rebusan beluntas atau rebusan daunnya bisa membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang dan masalah gigi berlubang. Ini karena daun beluntas mengandung kalsium 7 kali lebih banyak. (PA/DV)

Related posts

Ada Simbol Segitiga di Bawah Botol atau Kemasan Plastik, Apa Ya Artinya?

admin

Takut Jatuh Cinta? Awas, Mungkin Kamu Mengalami Philophobia, Yuk Ketahui Tanda-Tandanya!

admin

Mulut Terasa ‘Bau Naga’ Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

admin