Bali Fakta dan Mitos Kuliner

Biji Cabai Dapat Menyebabkan Usus Buntu, Mitos atau Fakta?

DenpasarViral.com - Ilustrasi

DenpasarViral.com, Denpasar – Usus buntu atau apendisitis merupakan peradangan yang terjadi di organ apendiks yaitu sebuah kantong berbentuk jari yang menonjol dari usus besar. Usus buntu terletak di sisi kanan bawah perut.

Radang usus buntu akan menyebabkan rasa sakit muncul di perut kanan bawah. Semakin parah tingkat peradangan maka nyeri usus buntu akan terasa lebih sakit. Orang yang berisiko terkena usus buntu adalah usia 10 hingga 30 tahun.

Beberapa faktor yang disinyalir menyebabkan penyakit usus buntu yakni cedera pada perut, hambatan pada pintu rongga usus buntu, infeksi di saluran pencernaan, pertumbuhan parasit yang menyumbat rongga usus buntu, atau adanya tumor pada perut.

Namun apakah benar biji cabai bisa menyebabkan penyakit usus buntu? Penelitian membuktikan bahwa ada kasus usus buntu yang disebabkan oleh biji atau zat-zat tak tercerna lainnya yang nyasar ke dalam usus buntu, namun kasus tersebut sangatlah langka. Hal ini karena tubuh memiliki pertahanan yang akan membuang senyawa yang tidak tercerna oleh tubuh.

Sistem pencernaan pada tubuh juga memiliki enzim yang bersifat asam dan berfungsi melumatkan makanan yang masuk.

Penyebab utama dari masalah usus buntu ini justru karena kurangnya asupan air putih setiap hari sehingga saluran pencernaan akan kesulitan untuk mendorong sisa makanan yang sudah selesai dicerna.

Alhasil, serat di dalam saluran pencernaan akan menggumpal dan tidak bisa dikeluarkan lewat buang air besar. Jika jumlah kotoran ini sudah terlalu banyak maka akan menumpuk hingga mencapai usus buntu.

Jadi kamu tidak perlu khawatir ketika mengonsumsi cabai karena biji yang ada di dalamnya tidak menyebabkan radang usus buntu. Namun kamu juga tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas ini. (PA/DV)

Related posts

5 Varian Resep Kue Sus yang Empuk, Enak, dan Bikin Ketagihan!

admin

Pemkot Denpasar Gelar Fogging Massal Selama Bulan September 2023 Dukung Pencegahan Berkelanjutan Kasus DBD

admin

Kalau Cewek Sudah Lakukan 6 Hal Ini, Itu Tandanya Hatinya Telah Terluka, Kamu yang Peka, Ya!

admin