Health Lifestyle

6 Alasan Kenapa Seseorang Menunda Pekerjaan, Nggak Cuma Karena Malas

DenpasarViral.com - Ilustrasi penunda pekerjaan

DenpasarViral.com, Denpasar – Penyebab seseorang menunda pekerjaan itu tak melulu karena malas. Ada beberapa faktor yang membuat orang tersebut memilih mengerjakan hal tersebut nanti-nanti saja.

“Orang menunda pekerjaan itu bisa karena kurang percaya diri, bisa juga karena mereka tahu pekerjaan tersebut bila dikerjakan hasilnya tidak sesuai harapan, atau karena hal yang akan dikerjakan waktunya mepet, bisa juga karena orang tersebut impulsif (bertindak menurut gerak hati),” kata psikolog asal Karolinska Institute di Swedia, Alexander Rozental.

Nah, dikutip dari laman Time, berikut beberapa alasan seseorang menunda pekerjaan :

  1. Waktu tak tepat
    Ada beberapa orang yang produktif di pagi hari, sementara yang lain di sore-malam hari. Sehingga ketika orang yang biasa produktif di sore hari diminta bekerja di pagi hari, ia cenderung menundanya karena takut tidak bisa menyelesaikan dengan baik seperti disampaikan Rozental.
  2. Beban tugas terlalu besar
    “Banyak orang menunda pekerjaan karena cemas tidak bisa mengerjakan tugasnya dengan baik bahkan gagal,” kata Rozental. Jika faktor yang membuat Anda menunda pekerjaan karena ini, Rozental menyarankan untuk mengerjakan hal yang kecil-kecil alias lebih mudah terlebih dahulu.
  3. Terbiasa mengerjakan mepet waktu
    Banyak orang merasa bisa mengerjakan sesuatu bila waktunya sudah mepet dengan tenggat waktu. Jika Anda termasuk orang seperti ini, coba beri hadiah sendiri bila berhasil mengerjakan tugas jauh sebelum tenggat waktu.
  4. Gampang terdistraksi
    Ada orang yang mudah sekali terdistraksi alias teralihkan konsentrasinya. Misalnya saat serius mengerjakan sesuatu, lalu rekan kerja di sampingnya mengajaknya ngobrol. Pekerjaan yang tadi sedang dikerjakan pun ditinggalkan sejenak.
  5. Ada masalah yang lebih besar
    Terkadang, orang yang menunda-nunda pekerjaan merupakan gejala yang lebih serius. Seperti depresi, kecemasan atau masalah perhatian seperti disampaikan Ballard. Jika Anda merasa sulit konsentrasi yang bahkan memengaruhi kinerja Anda, jangan takut konsultasi ke profesional.
  6. Sulit konsentrasi
    Pekerja yang paling produktif pun bisa mengalami suatu waktu yang membuat mereka sulit menyelesaikan tugas. Jika ini terjadi, lebih baik fokus memperhatikan diri terlebih dahulu. Misalnya dengan tidur cukup, makan bergizi, olahraga, melakukan hal menyenangkan, bila perlu mengambil cuti bekerja saran Ballard “Istirahat itu bisa meningkatkan produktivitas. Bahkan istirahat pendek bisa membuat pekerjaan lebih baik nantinya,” kata Ballard. (PA/DV)

    Artikel asli

Related posts

5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Saat Teman Sedang Sedih, Jangan Bandingkan Dengan Masalahmu Ya!

admin

Micin Ternyata bisa Suburkan Tanaman Aglonema, Simak Tips dan Caranya Berikut Ini Yuk!

admin

Suka Mengeluh Tentang Keburukan Pasangan Pada Orang Lain? Jangan Dibiasakan, Ini Risikonya

admin