Health Kuliner

Makan dengan Tangan Lebih Sehat dibanding Pakai Sendok, Benarkah?

DenpasarViral.com, Denpasar – Tak hanya membuat cita rasa makanan menjadi lebih nikmat, ternyata menyantap makanan langsung dengan tangan dianggap lebih sehat dibanding menggunakan alat bantu seperti sendok, garpu, atau sumpit.

Dilansir NDTV Food, saat mengambil makanan menggunakan tangan, saraf-saraf di ujung jari akan lebih peka dalam merasakan setiap tekstur makanan. Hal ini akan membuat kita lebih waspada terhadap kualitas makanan yang disantap.

Sedangkan, bila kita makan menggunakan sendok dan garpu, tekstur makanan tidak dapat kita rasakan secara langsung. Akibatnya tekstur makanan yang mungkin telah berlendir atau tak layak dimakan tidak dapat dirasakan langsung oleh jari jemari.

Yang lebih mencengangkan, menurut penelitian yang dikeluarkan oleh jurnal Appetite, makan dengan tangan kosong juga dapat menurunkan berat badan secara signifikan, lho. Bagaimana bisa?
Hal ini dikarenakan setiap saraf di tangan akan merasakan setiap tekstur, rasa, hingga berapa banyak porsi makanan yang disantap dalam satu kali suap. Dengan begitu, tubuh kita akan lebih waspada terhadap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, mulai dari jenis makanan hingga porsi makanan yang disantap.

Untuk itu, sebelum makan, jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun antibakteri dan pastikan bahwa tangan benar-benar bersih dari kotoran. (PA/DV)

Related posts

9 Hal yang Hanya Dirasakan Olehmu yang Tak Suka Basa-Basi, Kamu Gini Juga?

admin

Punya Banyak Pisang yang Kematangan? Coba Olah Jadi 5 Hidangan Berikut Yuk!

admin

WhatsApp Mulai Luncurkan Fitur Avatar Animasi, Kamu Sudah Kebagian Fitur Ini?

admin