Bali Klungkung

Bharaduta & D’pandiga Polres Klungkung Serahkan Bantuan Sosial kepada Warga Kurang Mampu

DenpasarViral.com - Bharaduta & D’pandiga Polres Klungkung saat Menyerahkan Bantuan Sosial kepada Warga Kurang Mampu (IST)

DenpasarViral.com, Klungkung – Jiwa kemanusiaan polisi tidak perlu diragukan lagi. Terlebih saat terjadi bencana alam, polisi selalu terdepan dalam memberikan bantuan. Kemudian sebagai makhluk sosial, polisi juga kerap berbagi tali kasih kepada warga kurang mampu.

Puluhan anggota Polri alumni Diktukba Polri Gelombang II Tahun 2003 atau yang lebih dikenal dengan Bharaduta & D’pandiga menggelar kegiatan bakti sosial di wilayah Kabupaten Klungkung, Senin (28/1). Para polisi yang bertugas di Polres Klungkung ini, menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa sembako dan uang kepada warga kurang mampu atau yang sedang menderita sakit.

Dalam kegiatan “Asih Punia Bakti Bharaduta & D’pandiga Polres Klungkung 2019” ada tiga rumah warga yang dikunjungi. Pertama, mendatangi rumah warga kurang mampu dan penyandang disabilitas, Ni Wayan Sukrani di Desa Tojan, Klungkung. Kedatangan para polisi ini disambut oleh Kadus Ni Putu Ayu Parasamian dan Bhabinkamtibmas Desa Tojan.

Sejak lahir wanita malang ini tidak bisa berbicara. Ia tinggal di rumah sederhana bersama kakak tirinya yang bekerja membuat kapur sirih (pamor). Hasil penjualan kapur sirih digunakan oleh mereka untuk menyambung hidup sehari-hari.

Kedua, mendatangi rumah Ni Ketut Muliati di Banjar Lekok, Desa Sampalan Klod, Dawan, Klungkung yang mengalami kelumpuhan permanen dan perekonomiannya kurang mampu. Kedatangan para polisi ini ternyata sudah ditunggu oleh Kadus I Nengah Mustika bersama seluruh aparat desa dan Bhabinkamtibmas.

Menurut I Nengah Mustika, sejak Ni Ketut Muliati lumpuh, segala pekerjaan rumah dan biaya hidup diperjuangkan oleh ketiga anaknya yang saat ini masih sekolah. Begitu pulang sekolah, mereka mencari rejeki dengan bekerja serabutan agar bisa bertahan hidup.

Terakhir, rombongan Bharaduta & D’pandiga mendatangi rumah warga kurang mampu, I Wayan Sada di Banjar Palak, Desa Selat, Klungkung. Ia yang menjadi tulang punggung keluarga harus istirahat karena menderita sakit stroke.

Saat dikonfirmasi Ketua Bharaduta Polres Klungkung, Ipda I Putu Agustina, S.H. mengatakan, kegiatan kemanusiaan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dengan mengedepankan peran Bhabinkamtibmas yang berkoordinasi dengan Kadus atau Kaling di desa binaannya. Bentuk tali kasih yang diserahkan menggunakan dana yang bersumber dari kas Bharaduta & D’pandiga Polres Klungkung.

“Mudah-mudahan dengan bantuan yang kami berikan dapat membantu dan meringankan beban mereka. Terlebih saat ini pemerintah sedang memberikan perhatian serius terhadap masyarakat kurang mampu dengan memberikan bantuan sosial. Bahkan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyaluran bantuan sosial, Dinas Sosial dan Polri sudah membentuk Satgas Bansos,” ujarnya.

Perwira lulusan SIP tahun 2018 ini menjelaskan, selain memberikan bantuan kemanusiaan, pihaknya juga memberikan semangat dan dukungan moril serta berdoa agar mereka tetap kuat dalam menjalani hidup ini. Tidak hanya itu, ia juga memberikan masukan kepada para Kadus atau Kaling agar penyaluran bantuan sosial dari pemerintah tepat sasaran dan diberikan kepada warga kurang mampu, termasuk ketiga keluarga ini.

“Kami datang ke rumah-rumah warga sebagai upaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Dengan demikian akan berdampak pada tingkat kepercayaan publik kepada institusi Polri yang semakin Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya). Tidak sekali ini saja, kegiatan seperti ini akan kami lakukan secara berkelanjutan,” tegas Ipda I Putu Agustina, S.H.

 

 

(Pa/DV)

Related posts

Pengambilan Batu Sikat Langsung Dari Bibir Pantai Dihentikan Total

admin

Dalam Rangka HUT STT, Pemuda Banjar Adakan Jalan Santuy Asik Sambil Melali ke Bukit Tengah

admin

Monitoring Perpanjangan PPKM di Klungkung, Bupati Suwirta Lakukan Pemantauan

admin